Bicara soal Monkey Pox (MPOX), Ranny Fahd A Rafiq: Indonesia Harus Waspada!

Ketua Umum BAPERA Ranny Fahd A Rafiq mengingatkan masyarakat Indonesia untuk waspada terhadap ancaman Monkey Pox (MPOX).

Bicara soal Monkey Pox (MPOX), Ranny Fahd A Rafiq: Indonesia Harus Waspada!
Bicara soal Monkey Pox (MPOX), Ranny Fahd A Rafiq: Indonesia Harus Waspada!. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pertiwi Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA sekaligus anggota DPR RI terpilih, Ranny Fahd A Rafiq, mengingatkan masyarakat Indonesia untuk tetap waspada terhadap ancaman kesehatan global, termasuk penyakit Monkeypox (MPOX) yang kini semakin mengkhawatirkan. 

Meskipun belum ada laporan yang signifikan mengenai penyebaran MPOX di Indonesia, kewaspadaan dan langkah preventif tetap menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan masyarakat.

Monkeypox, atau MPOX, adalah penyakit virus yang ditularkan melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi atau melalui manusia ke manusia. 

Meskipun tingkat penularannya tidak secepat beberapa penyakit lain, seperti COVID-19, kasus Monkeypox yang dilaporkan di beberapa negara belakangan ini menuntut perhatian lebih, terutama dalam hal pencegahan dan pengendalian.

Ranny Fahd A Rafiq menegaskan pentingnya koordinasi antara pemerintah, tenaga kesehatan, dan masyarakat dalam mencegah penyebaran penyakit ini.

“Indonesia harus waspada dan proaktif dalam menghadapi ancaman Monkey Pox ini. Langkah pencegahan seperti edukasi kesehatan, pelacakan kontak, serta isolasi bagi mereka yang terinfeksi harus diterapkan dengan serius. Jangan sampai kita lengah dan terlambat menangani potensi wabah ini,” ujar Ranny Fahd A Rafiq

Ia juga menggarisbawahi pentingnya memperkuat fasilitas kesehatan dan menyiapkan tenaga medis yang siap menghadapi ancaman penyakit menular.

Selain itu, Ranny Fahd A Rafiq, berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, terutama dalam menghadapi penyakit yang berpotensi menular seperti MPOX. Dukungan penuh dari berbagai elemen masyarakat sangat diperlukan untuk mencegah penyebaran penyakit ini di Indonesia.

Dengan upaya bersama, diharapkan Indonesia dapat mencegah dan mengendalikan penyebaran MPOX, sehingga kesehatan masyarakat tetap terjaga.