Fahd A Rafiq Bicara Dukungan Papua Nugini untuk Kedaulatan Indonesia

Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape, membahas dukungan terhadap kedaulatan Indonesia dalam pertemuan bilateral di Jakarta.

Fahd A Rafiq Bicara Dukungan Papua Nugini untuk Kedaulatan Indonesia
Fahd A Rafiq Bicara Dukungan Papua Nugini untuk Kedaulatan Indonesia. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG) James Marape. Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Kakatua, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Pertemuan keduanya digelar di sela-sela pelaksanaan rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan penghargaannya atas dukungan Papua Nugini terhadap kedaulatan dan integritas Indonesia. Dukungan itu ditunjukkan saat KTT Melanesian Spearhead Group (MSG) yang digelar di Port Vila, Vanuatu, 23-24 Agustus 2023 lalu.

"Saya sangat hargai dukungan Papua Nugini terhadap kedaulatan dan integritas Indonesia, termasuk yang ditunjukkan pada KTT MSG bulan lalu," kata Jokowi, Kamis (7/9).

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, bicara perihal Perdana Menteri Papua Nugini menyampaikan penghargaan atas dukungan terhadap kedaulatan dan integritas Indonesia.

“Presiden Jokowi mengapresiasi terhadap PM Papua Nugini James Marape, setelah melakukan pertemuan bilateral disela-sela KTT ASEAN ke-43 kamis kemarin, ini merupakann dukungan Papua Nugini untuk kedaulatan dan integritas Indonesia sebagai negara tetangga dari Papua Nugini.” Ujar Fahd A Rafiq Kamis, (8/9).

Dirinya juga menambahkan, “Ini merupakan upaya Indonesia bersama Papua Nugini untuk terus menjaga kedaulatan perbatasan, dan ini langkah bekerja sama untuk meningkatkan aktivitas perekonomian di wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini.” Tutup Fahd A Rafiq.

Sementara itu, PM Marape menyampaikan ucapan selamat atas kesuksesan Indonesia dalam keketuaan dan penyelenggaraan KTT ASEAN. PM Marape juga menyatakan dukungannya terhadap Indonesia sebagai tetangga dekat PNG.

Penulis : FNID