Kemenkes Buka Suara Soal Gaji Dokter Internship Di Perkotaan Cuma Rp 1 Juta

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) buka suara soal viral dimedia sosial para dokter internship di perkotaan protes karena mendapatkan gaji hanya Rp 1,1 juta.

Kemenkes Buka Suara Soal Gaji Dokter Internship Di Perkotaan Cuma Rp 1 Juta
Gambar: Unsplash/arthurtumasjan

BaperaNews - Viral sejumlah dokter internship protes di media sosial usai adanya informasi besaran bantuan biaya hidup Program Internship 2023 hanya Rp 1,1 juta. Gaji tersebut berlaku untuk dokter yang bertugas di perkotaan mulai dari Bogor, Batam, Depok, Bekasi, hingga Tangerang.

Gaji dokter internship tersebut turun jauh dari tahun 2022 yang mencapai Rp 3 juta. Sedangkan bantuan biaya hidup untuk dokter yang bersedia praktik di kawasan terpencil justru lebih banyak mencapai Rp 6 juta. Kemenkes pun memberi penjelasan.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Kemenkes RI Siti Nadia belum banyak berkomentar tentang “gaji dokter internship” di wilayah perkotaan tersebut, ia masih membahas dengan Dirjen Tenaga Kesehatan.

Di media sosial sendiri beredar dengan jelas sebuah tangkapan layar yang menyatakan Gaji dokter internship hanya Rp 1,1 juta. “Masih kami cek dan sampaikan ke unit terkait” responnya singkat pada Kamis (15/12).

Dirjen Tenaga Kesehatan Arianti Anaya juga belum memberi keterangan apapun. Para dokter internship pun kemudian ramai protes, mendesak Menteri Kesehatan (Kemenkes RI) untuk mengkaji kembali besaran bantuan biaya hidup yang dinilai terlalu rendah tersebut.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Sudah Siap Terapkan Skema "BPJS Kesehatan Orang Kaya"

Sejumlah dokter internship bahkan mengusulkan agar Program Internship ditiadakan saja jika tidak ada kebijakan pemerataan gaji, setidaknya sama dengan UMR di wilayah tersebut. Namun belum ada pihak pemerintah terkait yang menjelaskan tentang hal ini.

Program Internship sendiri artinya ialah sebuah program magang atau proses terakhir sebelum resmi menjadi dokter umum. Karena masih magang, maka nama sebenarnya bukan gaji, melainkan bantuan biaya hidup dasar yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Internship ini ialah kewajiban bagi semua lulusan dokter, dilakukan selama 1 tahun dan termasuk bagian dari pendidikan profesi. Usai masa internship selesai, barulah dokter bisa mengajukan hak praktiknya secara mandiri atau bekerja di instansi kesehatan lainnya.

Dokter tersebut juga bisa lanjut ke jenjang berikutnya misalnya pendidikan dokter spesialis. Tujuan program dokter internship ini ialah memberi pengalaman dan kemampuan di dunia kerja secara nyata.

Dokter tentunya selain tentang gaji juga perlu memiliki niat tulus untuk mengabdi, yakni memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk bisa meningkatkan taraf kesehatan, namun Dokter tentu perlu untuk mendapat penghargaan atas kinerjanya dimana tim kesehatan jadi garda terdepan di masa kritis seperti ketika puncak pandemi atau ketika ada bencana.

Sebab itulah para dokter internship berharap pemerintah bisa mengkaji aturan tentang gaji dokter internship, memberi bantuan biaya hidup lebih baik minimal sama dengan UMR wilayah kepada semua dokter yang mengikuti program internship.

Baca Juga : Ini Kalangan Yang Diberikan Vaksin Kanker Serviks Secara Gratis Tahun Depan!