Arab Saudi Pasang Mesin Pencetak Gelang Anak di Masjidil Haram

Otoritas Umum Pemeliharaan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi memasang mesin cetak gelang pelacak anak di tiga pintu utama Masjidil Haram, Makkah. Baca selengkapnya di sini!

Arab Saudi Pasang Mesin Pencetak Gelang Anak di Masjidil Haram
Arab Saudi Pasang Mesin Pencetak Gelang Anak di Masjidil Haram. Gambar : Dok. ReasahAlharmain

BaperaNews - Otoritas Umum Pemeliharaan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah mengambil langkah inovatif dengan memasang tiga mesin cetak gelang pelacak anak di Masjidil Haram, Makkah. Keputusan ini diumumkan oleh kantor berita Saudi, SPA, pada hari Kamis (21/3), dengan penempatan mesin-mesin tersebut di tiga pintu utama masjid.

Mesin cetak gelang pelacak anak tersebut ditempatkan di pintu masuk King Abdulaziz, King Fadh, dan jembatan Ajyad. Langkah ini diambil untuk memudahkan proses pencarian anak-anak yang mungkin tersesat selama pelaksanaan ibadah umrah atau salat di Masjidil Haram.

Gelang pelacak anak ini bertujuan untuk memberikan tanda pengenal yang memudahkan petugas masjid dalam membantu proses pencarian dan mempertemukan anak dengan keluarganya dengan cepat.

Baca Juga: Arab Saudi Larang Umrah Lebih dari Sekali Selama Ramadan

Pemerintah Arab Saudi meluncurkan serangkaian inisiatif di Masjidil Haram untuk memfasilitasi para jemaah dan mengurangi kepadatan selama puncak musim umrah, terutama yang berlangsung selama Ramadan ini. Langkah ini merupakan bagian dari upaya lebih luas untuk memastikan kenyamanan dan keamanan bagi para jemaah.

Dalam upaya ini, pemerintah membatasi area tawaf di lantai dasar untuk jemaah umrah selama Ramadan. Sementara itu, pengunjung lain diperbolehkan mengakses area lantai atas. Selain itu, pengaturan pintu masuk dan keluar juga telah diatur sedemikian rupa untuk memudahkan arus lalu lintas jemaah. 

Menurut Saudi Gazette, Komisi Kerajaan Arab Saudi untuk Kota Makkah dan Tempat Suci juga mendorong jemaah untuk melakukan salat di masjid-masjid lain guna mengurangi kepadatan di Masjidil Haram.

Mereka menekankan bahwa pahala salat dapat diperoleh di semua masjid di wilayah tersebut, menyoroti keutamaan salat di masjid lain yang masih dalam batas Masjidil Haram.

Baca Juga: Resmi! Kini Arab Saudi Izinkan Akad Nikah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi