Pemkab Paluta Safari Ramadan Tahun 1445 H/2024 M di Kecamatan Halongonan Timur

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar Safari Ramadan di Masjid Hutab Baru Nangka, Kecamatan Halongonan Timur. Baca selengkapnya di sini!

Pemkab Paluta Safari Ramadan Tahun 1445 H/2024 M di Kecamatan Halongonan Timur
Pemkab Paluta Safari Ramadan Tahun 1445 H/2024 M di Kecamatan Halongonan Timur. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara telah menggelar Safari Ramadan Tahun 1445 H/2024 M di Kecamatan Halongonan Timur, tepatnya di Masjid Hutab Baru Nangka pada Kamis, (21/3).

Safari Ramadan merupakan bagian dari agenda rutin tahunan yang diadakan secara bergantian di 12 kecamatan, bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara pemerintah daerah dan masyarakat.

Dalam acara tersebut, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara memberikan bantuan kepada Masjid Desa Huta Baru Nangka berupa lima gulung sajadah karpet.

Turut hadir dalam acara Safari Ramadan tersebut, Pj. Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, S. STP, MM yang diwakili oleh Asisten I Setdakab Paluta H. Sarifuddin Harahap, S.Sos, Anggota DPRD Paluta dari Fraksi PDIP Dapil II Jonner Partaonan Harahap, OPD, Ketua MUI Paluta, Ketua Baznas Paluta H. Kosim Pohan, BA, serta unsur Forkopimda seperti Polsek Padang Bolak yang diwakili oleh Wakapolsek IPTU Suhardi dan Danramil 05/PB Kapten Jungkarnaen Siregar.

Acara juga dihadiri oleh Camat Halongonan Timur Ahmad Syukri Siregar, S.STP, M. AP, para Kepala Desa se-Kecamatan Halongonan Timur, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan masyarakat penerima zakat se-Kecamatan Halongonan Timur.

Pj. Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan yang diwakili Asisten I Pemerintahan H. Sarifuddin Harahap, S.Sos menyampaikan bahwa Safari Ramadan merupakan kesempatan yang baik untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat, terutama dalam bulan suci Ramadan 1445 H ini.

"Saya mengajak seluruh umat Islam di Kabupaten Padang Lawas Utara, khususnya masyarakat Kecamatan Halongonan Timur, untuk menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan 1445 H ini dengan penuh syukur serta dalam suasana persaudaraan yang rukun dan damai," ujarnya.

Camat Halongonan Timur Ahmad Syukri Siregar, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Pj. Bupati Paluta yang diwakili oleh Asisten I H. Sarifuddin Harahap beserta rombongan atas kunjungan mereka ke Desa Huta Baru Nangka, Kecamatan Halongonan Timur.

Syukri juga berharap kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara dan Pemerintah Daerah Kecamatan Halongonan Timur semakin solid dan pelaksanaan berbagai program kegiatan pemerintahan dapat berjalan dengan sukses, lancar, dan baik.

Selanjutnya, Ketua Baznas Paluta H. Kosim Pohan menyampaikan bahwa pembagian zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Padang Lawas Utara kepada masyarakat sebesar Rp. 300.000,- per orang, dengan jumlah peserta sebanyak 98 orang yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Untuk ke depannya, kami dari Baznas Paluta berharap sumber zakat tidak hanya berasal dari ASN saja, kami juga berharap adanya kontribusi dari pengusaha, pimpinan perusahaan, dan pegawai swasta yang ada di Kabupaten Padang Lawas Utara untuk ikut memberikan zakat," ungkapnya.

(Haryan Harahap)