Rangkuman Covid-19, Nakes Wisma Atlet Wafat, Wacana Vaksin Dosis Keempat

Seorang tenaga kesehatan yang bekerja di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta meninggal dunia karena covid-19 varian omicron, pemerintah berencana untuk suntikan vaksin dosis ke empat!

Rangkuman Covid-19, Nakes Wisma Atlet Wafat, Wacana Vaksin Dosis Keempat
Ilustrasi Vaksin Dosis Keempat. Gambar: Pixabay.com

BaperaNews - Seorang tenaga kesehatan yang bekerja di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta meninggal dunia, namun dikabarkan ia tidak terpapar omicron karena hasil tesnya negatif. Pemerintah pun berencana menyuntik vaksin covid-19 dosis keempat jika memang ada studi yang mendukung. Berikut ini informasi seputar covid-19 di Indonesia selama 24 jam terakhir.

-          Nakes Wisma Atlet wafat

Nakes Wisma Atlet yang meninggal dunia bernama Tiur Octavia, sebelumnya ia dirawat di RSUP Persahabatan, Tiur sebelumnya memang sempat positif covid-19, kemudian dirawat di ruang isolasi dan sudah dinyatakan negatif seminggu setelahnya.

-          Wacana vaksin keempat

Wamenkes Dante Saksono mengungkap ada kemungkinan Indonesia menyuntikkan vaksin covid-19 keempat, dilakukan jika kondisi genting dan studi atau penelitian yang mendukung. “Kalau nanti diperlukan dan ada studi kita akan evaluasi kalau kita butuh booster keempat, bukan tidak mungkin vaksin keempat itu akan dilakukan, tapi yang sekarang kita kejar ialah aqual policy” ujarnya secara daring hari Rabu 23 Februari 2022.

Baca Juga: Polisi Tetapkan 2 Tersangka Kasus Wanita Tewas Korban Filler Payudara

-          Kasus harian tetap diumumkan

Kemenkes akan tetap mengumumkan jumlah kasus harian aktif covid-19 dan kasus kematian setiap harinya, namun hal ini sebagai bentuk informasi saja, masyarakat diminta tidak panik akibat adanya omicron ini, namun Kemenkes merasa pengumuman ini tetap harus dilakukan. “Tetap setiap hari akan kita sampaikan karena ini bagian dari kewaspadaan kita, kita transparan juga” ujar Siti Nadia dari Ditjen Kesehatan.

-          Hanya ada satu zona hijau

Hanya ada satu zona hijau atau kawasan bebas covid-19 di Indonesia yakni di Deiyai, Papua, selama seminggu terakhir di daerah tersebut tidak ada kasus aktif covid-19.

-          Kasus tertinggi di Sumut

Selain Jawa yang menyumbang kasus tertinggi, daerah lain yang juga tinggi penambahan kasus aktif covid-19 nya ialah di Sumut, “Sumut menjadi daerah di luar Jawa dan Bali yang punya kasus kenaikan tertinggi dibandingkan pada akhir Januari 2022 lalu” ujar Wiku Adisasmito, Jubir Satgas covid-19.

-          Kasus harian

Kasus covid-19 di Indonesia per hari Rabu 23 Februari 2022 bertambah 61.488, kesembuhan ada 39.170 orang dan kasus kematian 227 jiwa.

-          Capaian vaksin

190.092.902 orang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama covid-19, sekitar 91,27% dari target pemerintah, sementara dosis kedua sudah diberikan kepada 141.806.330 orang atau baru 68,09% dari target secara nasional.

Baca Juga: Heboh! Minyak Goreng Palsu Di Kudus Dibuat Dari Air Cuci Mobil