12 Makanan Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia, Tidak Hanya Ketupat

Hari raya idul fitri atau lebaran biasanya identik dengan ciri khas makanan dan minuman, berikut 12 makanan saat lebaran dari berbagai negara di dunia!

12 Makanan Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia, Tidak Hanya Ketupat
12 Makanan Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia, Tidak Hanya Ketupat. Gambar : Unsplash.com

BaperaNews - Lebaran selain identik dengan ibadah dan saling bermaaafan, lebaran juga punya ciri khas makanan dan minuman, biasanya tiap Negara punya hidangan dan minuman khas masing-masing, misalnya Indonesia yang identik dengan opor, ketupat, dan rending.

Berikut ini 12 makanan khas Lebaran dari berbagai Negara seluruh dunia.

  1. Timur Tengah

Maamoul, berupa kue kering berisi kurma atau kacang kenari berlapis gula bubuk, banyak disajikan di Lebanon dan Suriah saat Lebaran, juga menjadi ciri khas hidangan Lebaran di Irak, Mesir, dan Sudan.

  1. Somalia

Cambaabur ialah roti dengan taburan gula dan yoghurt serta punya toping yang berasa tajam, roti ini mudah ditemukan di Somalia mulai bulan Ramadhan tiba.

  1. Asia Selatan

Ialah Sheer khurma atau susu dengan kurma dengan toping kismis, almond, atau pistachio, di Bangladesh disebut dengan Semai, makanan ini termasuk jenis dessert yang disajikan saat Lebaran, sangat populer di hari Lebaran terutama di India, Pakistan, dan Afghanistan.

Baca Juga: Fenomena Hampers Lebaran, Kenapa Jadi Tren?

  1. Maroko

Punya Tajine sebagai hidangan yang dikenal mewah dan manis. Berupa rebusan dari sejumlah jenis daging seperti kambing dan domba yang diberi sayuran dan  buah seperti plum atau apricot, Tajine juga disajikan di Lebaran Negara-negara Afrika Utara seperti Aljazair.

  1. Ethiopia

Sup kari yang dinamai Doro Wat jadi hidangan utama Lebaran disana, berupa sup ayam yang dimakan bersama roti injera, biasa disajikan dan dinikmati bersama keluarga.

  1. Turki

Turki punya hidangan khas Lokum yang dikenal sebagai Turkish Delight, berupa dessert berbentuk gel yang terbuat dari pati, gula, dan aneka isian seperti kurma dan kenari, rasanya enak dan indah tampilannya karena punya beragam variasi warna.

  1. Boshia

Tugahija namanya, terbuat dari apel rebus yang disiram gula dan kenari kemudian diisi sirup dan ditutup dengan krim kocok, rasanya sangat manis dan lezat.

  1. Rusia

Manti ialah makanan khas Lebaran di Rusia, mirip pangsit yang diisi daging domba atau sapi dengan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda.

  1. Afghanistan

Masyarakat Afghanistan punya makanan khas Lebaran bernama Bolani, berupa roti tipis berisi sayuran kentang atau labu dan diberi yogurt, hidangan ini bisa jadi hidangan utama maupun hidangan penutup.

  1. Amerika Serikat

Muslim di AS biasa merayakan Lebaran dengan membuat spice cookies atau kue rempah mirip kue jahe dengan bentuk kubah masjid atau bulan sabit, biasa dimakan bersama setelah shalat ied.

  1. Malaysia

Punya hidangan khas Lebaran yang mirip Indonesia yakni rendang, dibuat dari daging sapi dan santan dengan bumbu rempah khusus yang dimasak lama.

  1. Singapura

Biasa menyajikan kue lapis legit di hari Lebaran, mirip dengan yang ada di Indonesia, rasanya manis dan diberi aneka toping.

Baca Juga: Menjadi Salah Satu Sunah Nabi, Mari Kita Mengenal Lebih Jauh Kurma Dan Manfaatnya