Menjadi Salah Satu Sunah Nabi, Mari Kita Mengenal Lebih Jauh Kurma Dan Manfaatnya

Buah kurma sangat identik dengan bulan ramadhan dimana buah yang satu ini merupakan salah satu sunah Nabi yang banyak manfaatnya!

Menjadi Salah Satu Sunah Nabi, Mari Kita Mengenal Lebih Jauh Kurma Dan Manfaatnya
Kurma. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Ramadhan seringkali identik dengan buah kurma yang menjadi salah satu menu pembuka di bulan puasa. Buah dari Timur Tengah ini selain enak ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kurma adalah salah satu makanan yang “wajib” di bulan Ramadhan. Pasalnya, anjuran makan kurma saat lebaran merupakan salah satu sunnah Nabi.

Jenis kurma juga banyak, dan ternyata ada sekitar 3.000 yang ada di dunia. Namun, menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa, hanya 200-400 jenis kurma yang bisa dimakan.

Di Indonesia, ada beberapa jenis kurma yang bisa ditemukan di pasaran dan memiliki banyak penggemar, seperti:

1. Kurma Ajwa

Kurma yang disebut sebagai kurma nabi ini adalah kurma yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Jenis Kurma Ajwa merupakan kurma premium yang berasal dari Madinah. Dengan tekstur kulit halus dan mengerut serta rasa yang tidak begitu manis, kurma ini menjadi salah satu kurma favorit masyarakat Indonesia. Memiliki kandungan protein, serat, magnesium, kalium, Vitamin B, hingga Mangan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat dari Kurma Ajwa diantaranya yakni Baik untuk jantung, mencegah osteoporosis, mencegah diabetes dan anemia, menjaga kesehatan otak, dapat meningkatkan imun tubuh, serta menurunkan berat badan

Baca Juga: Fenomena Hampers Lebaran, Kenapa Jadi Tren?

2. Kurma Sukkari

Kurma Sukkari dikenal sebagai “Ratu Kurma”. Kurma ini diklaim menjadi kurma keluarga kerajaan Arab Saudi. Kurma jenis ini berwarna lebih kuning dan memiliki rasa yang lebih manis. Memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti Asam Amino, Florida, Zat Tembaga, Zat Besi dan kandungan lainnya.

Baca Juga: 10 Tips Mudik Aman Dan Nyaman Bareng Keluarga

Manfaat dari kurma Sukkari diantaranya menyehatkan pencernaan, mencegah karies gigi, menurunkan kolestrol, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, dan juga kaya akan antioksidan.

3. Kurma Medjool

Kurma ini dikenal sebagai “Raja Kurma” sebab ukurannya yang relatif lebih besar dibandingkan dengan ukuran kurma lainnya. Kurma dengan warna coklat gelap dan memiliki daging serta aroma yang harum menjadikan Kurma Medjool kurma favorit masyarakat Indonesia.

Manfaat dari banykanya nutrisi pada Kurma Medjool antara lain menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan pencernaan, mendukung fungsi saraf, meningkatkan metabolism, dan juga mengurangi risiko diabetes.

4. Kurma Khalas

Kurma Khalas memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan cenderung berwarna coklat kemerahan. Dengan teksturnya yang sangat lembut dan cenderung lengket. Kurma jenis ini juga memilik rasa yang cukup manis, terlebih jika kurma ini sudah matang.

Manfaat dari Kurma Khalas antara lain berguna untuk pencernaan, menjaga kesehatab mata, membantu melawan anemia atau darah rendah, serta dapat mengatur tekanan darah.

Baca Juga: Catat! Ini Waktu Yang Dianjurkan Untuk Membayar Zakat Fitrah