10 Tips Mudik Aman Dan Nyaman Bareng Keluarga

Lebaran tahun ini terasa berbeda karena pemerintah sudah mengijinkan masyarakat untuk mudik. Simak tips aman dan nyaman mudik bareng keluarga!

10 Tips Mudik Aman Dan Nyaman Bareng Keluarga
10 Tips Mudik Aman Dan Nyaman Bareng Keluarga. Gambar : Unsplash.com

BaperaNews - Lebaran sudah di depan mata, lebaran tahun ini terasa berbeda karena pemerintah sudah mengijinkan masyarakat untuk mudik. Namun ada banyak hal yang perlu disiapkan untuk bisa menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman, terutama jika Anda membawa anak kecil dan banyak barang bawaan, berikut ini sejumlah tips agar bisa mudik dengan nyaman baik untuk Anda yang membawa kendaraan sendiri maupun naik kendaraan umum.

  1.       Periksa kendaraan sebelum berangkat

Baik mobil atau motor yang Anda pakai, periksa dahulu dan lakukan servis jika perlu, pastikan bisa dibawa mudik dengan nyaman dan aman, jangan sampai mogok di jalan yang jelas akan membuat Anda dan keluarga kesusahan.

  1.       Pakai perlengkapan khusus

Untuk Anda yang mudik dengan motor, pastikan Anda dan keluarga sudah pakai perlengkapan khusus seperti jaket, sarung tangan, helm, dan sepatu agar terlindungi dari paparan angin dan sinar matahari. Sedangkan untuk Anda yang mengendarai mobil, pakai sabuk pengaman dan berikan set kursi khusus untuk Anak demi keselamatan.

  1.       Barang bawaan secukupnya

Bawa barang bawaan seperlunya ketika mudik, barang bawaan berlebihan akan membuat Anda kerepotan terlebih jika Anda naik kendaraan umum.

  1.       Sediakan ruang untuk anak

Bagi Anda yang membawa anak, berikan ruang khusus agar anak lebih nyaman. Jika Anda naik mobil, ajak anak di kursi belakang yang lebih luas, sedangkan jika naik kendaraan motor atau kendaraan umum, pastikan nyaman diduduki anak yakni tidak sempit atau berdesakan.

  1.       Istirahat berkala di rest area

Terutama untuk Anda yang perjalanan jauh, jangan lupa untuk istirahat secara berkala, hal ini sangat penting agar mencegah kelelahan dan mengantuk yang bisa berbahaya.

  1.       Bawa bekal makanan

Bawa bekal makanan sendiri mungkin terasa repot di rumah, namun memudahkan Anda ketika dalam perjalanan, Anda bisa memakannya di dalam kendaraan atau ketika istirahat tanpa harus repot mencari makan di luar.

  1.       Lengkapi syarat mudik

Lakukan vaksin sebagaimana aturan mudik yang dibuat pemerintah, hal ini untuk melindungi Anda dan orang lain yang bertemu Anda ketika lebaran dan ketika dalam perjalanan.

  1.       Patuhi rambu lalu lintas

Ikuti aturan batas kecepatan dan rambu di jalan, hindari mengendarai dengan ugal-ugalan yang bisa membahayakan keselamatan Anda sekeluarga dan juga orang di sekitar Anda.

  1.       Buang sampah pada tempatnya

Bawa plastik sampah sendiri atau buang sampah Anda di tempat yang tersedia agar tidak membuat orang lain tidak nyaman dengan barang buangan Anda.

  1.   Pastikan paham jalur mudik

Pahami jalur mudik, Anda lewat jalan mana dan alternatifnya jika terjadi macet parah atau hal lainnya, hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan keluarga Anda, terlalu lama di jalan tentu membuat keluarga Anda kelelahan dan tidak nyaman.