Tips Bepergian Saat Lebaran Di Tengah Pandemi Covid-19

Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat menjelang hari raya idul fitri. Sayangnya beberapa tahun ini masyarakat harus merayakan lebaran bertepatan dengan adanya pandemi Covid-19. Nah untuk itu simak tips berpergian dengan aman saat lebaran dibawah ini!

Tips Bepergian Saat Lebaran Di Tengah Pandemi Covid-19
Tips Bepergian Saat Lebaran Di Tengah Pandemi Covid-19. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Tradisi mudik masyarakat Indonesia saat menjelang hari raya idul fitri sudah menjadi warisan turun temurun. Rasanya jika tak mudik ke kampung halaman seperti ada yang kurang. Sejak munculnya virus Covid-19 di Indonesia, sudah dua tahun lamanya pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait dengan larangan mudik.

Akhirnya setelah dua tahun tidak bisa mudik, lebaran tahun 2022 ini pemerintah mengizinkan kembali masyarakat untuk mudik. Berikut ini ada beberapa Tips Bepergian Saat Lebaran di tengah pandemi Covid-19 yang bisa dijadikan sebagai referensi :

1. Pastikan Sudah Melakukan Vaksin Lengkap Ditambah dengan Booster

Jika ingin memastikan kondisi kesehatan aman selama lebaran, melindungi diri dengan vaksin lengkap disertai booster diwajibkan oleh pemerintah untuk mengurangi resiko angka penyebaran Covid-19. Untuk itu Tips Bepergian Saat Lebaran satu ini harus benar – benar dipatuhi agar saat pulang kampung atau pun kembali ke tempat tinggal tak membawa oleh – oleh virus.

2. Pastikan Anda Sekeluarga Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

Tips Bepergian Saat Lebaran selanjutnya, wajib menerapkan protokol kesehatan ketat. Masker harus dipakai sepanjang waktu, terlebih saat kumpul – kumpul keluarga.

Baca Juga: Catat! Ini Waktu Yang Dianjurkan Untuk Membayar Zakat Fitrah

3. Catat Lokasi Faskes Terdekat Sesuai dengan Rute Perjalanan

Melakukan pengecekan lokasi fasilitas kesehatan sangatlah penting selama perjalanan mudik. Saat kondisi darurat melanda, Anda sudah sangat siap untuk antisipasi berbagai masalah sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat dengan membawa ke faskes terdekat.

4. Cek Kondisi Kendaraan Secara Menyeluruh

Service dan pengecekan lebih lanjut kendaraan sebelum mudik juga sangat penting untuk memastikan keselamatan selama perjalanan

5. Sedia Obat – Obatan yang Kiranya Dibutuhkan

Menyediakan obat – obatan selama mudik akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan selama perjalanan mudik. Misalnya saja tiba – tiba demam, jika sudah siap sedia paracetamol, akan lebih tenang.

6. Pastikan Kondisi Kesehatan Anda Benar – Benar Baik

Agar tak ngedrop saat perjalanan mudik lebaran 2022, ada baiknya memastikan kondisi kesehatan benar – benar baik. Sebelum hari H keberangkatan, pastikan juga kebutuhan tidur harian terpenuhi agar saat berkendara tidak mengantuk. Jika lelah, jangan memaksakan diri, istirahatlah sejenak untuk mengembalikan stamina. Setidaknya setiap 3 jam sekali, Anda harus beristirahat, tidur 30 menit sudah cukup.

Baca Juga: 10 Tips Mudik Aman Dan Nyaman Bareng Keluarga