Ide Taman di Dalam Rumah Serta Tanaman yang Cocok

Bingung dekor ruangan? Taman didalam rumah bisa kamu coba. Berikut ide membuat taman di dalam rumah

Ide Taman di Dalam Rumah Serta Tanaman yang Cocok
Ilustrasi ide taman didalam rumah, Gambar : CASA Indonesia

BaperaNews - Jika pada umumnya taman berada di luar rumah, kini banyak ide menarik dekoratif taman yang bisa diletakkan di dalam rumah. Selain lebih asri dan menyegarkan, keberadaan taman di dalam rumah turut serta menyumbang oksigen dan membantu membersihkan udara.

Kalian bisa menjadikan referensi beberapa ide taman di dalam rumah serta tanaman yang cocok dalam rumah. Apa sajakah ide menarik tersebut?

1.Taman Berbentuk Vertikal

Ide taman dalam bentuk vertikal yang diletakkan di dinding ini kian populer sejak adanya pandemi. Banyak pecinta tanaman yang mulai berkreasi karena banyak waktu luang selama di rumah. Taman dalam bentuk vertikal atau dikenal sebagai vertical garden ini sangat cocok diaplikasikan pada hunian yang memiliki lahan minim dan terbatas.

Tanpa adanya lahan pun masih bisa memiliki taman dalam bentuk vertikal. Untuk jenis tanaman yang paling tepat untuk membuat vertical garden antara lain seperti sirih gading, tanaman paku – pakuan, atau tanaman merambat lainnya. Pastikan kalian sudah memberikan lapisan pada dinding terlebih dahulu agar tak rusak karena pertumbuhan akar dan rembesan air saat penyiraman.

2.Taman di Bawah Tangga

Bagian bawah tangga seringkali menjadi space terbengkalai dan tidak banyak digunakan. Buat kalian yang suka tanaman hias, space kosong di bawah tangga bisa kalian gunakan sebagai tempat yang cocok untuk berkebun.

Namun perlu kalian perhatikan ya tanaman apa saja yang cocok diletakkan disana. Pastikan tanaman tersebut tak butuh banyak matahari dan tidak beresiko pada kualitas udara. Kalian juga bisa menanam sayur hidroponik dengan memanfaatkan lampu khusus sebagai pengganti sinar matahari.

3.Manfaatkan Area Void di Dalam Rumah

Kebanyakan orang tak memanfaatkan area void di rumah. Kalian bisa mengubahnya menjadi taman atau pun kebun sayuran. Area void paling banyak ditemukan biasanya diantara tangga lantai bawah dan lantai atas. Untuk menambah suasana alami, kalian bisa menambahkan kolam kecil. Dengan adanya suara gemericik air, tentu bisa menambah ketenangan hati.

4.Memanfaatkan Sudut Ruangan

Untuk menambah keindahan di dalam rumah, berbagai sudut ruangan bisa dimanfaatkan sebagai taman. Kalian bisa mengkombinasikan berbagai tanaman hias seperti aglaonema, monstera, varigata atau pun sansivera. Semakin banyak warna akan menambah keindahan ruangan kalian.