Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan Menurut Ahli

Kapulaga yang biasa jadi rempah dengan aroma dan rasa yang khas ternyata menyimpan segudang manfaat. Berikut manfaat kapulaga bagi kesehatan

Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan Menurut Ahli
Ilustrasi kapulaga , Gambar : Pixabay

BaperaNews - Jika kapulaga populer dimanfaatkan sebagai rempah – rempah saja, ternyata kapulaga juga punya banyak manfaat sebagai herbal lho. Rempah dengan aroma dan rasa yang khas penambah cita rasa pada masakan ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat kapulaga bagi kesehatan? Ini dia menurut penjelasan para ahli kesehatan :

1.Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kapulaga, mempunyai peran penting dalam membantu menurunkan tekanan darah.

Dari penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang dewasa yang memiliki tekanan darah tinggi, setelah diberikan setidaknya 3 gram sehari bubuk kapulaga, dalam kurun waktu 12 minggu, kondisi tekanan darah berangsur normal.

Fakta ini juga disebutkan pada karya ilmiah yang dimuat di Indian Jurnal of Biochemistry & Biophysic. Efek diuretik yang ditimbulkan oleh kapulaga mampu membuat kalian menjadi lebih sering buang air kecil sehingga kadar air di dalam tubuh pun bisa berkurang.

2.Membantu Mengatasi Peradangan

Tak hanya bisa menurunkan tekanan darah tinggi, kandungan antioksidan yang terdapat pada kapulaga juga efektif dalam mengatasi peradangan. Cara kerja kapulaga dalam menghentikan peradangan adalah melindungi sel – sel di dalam tubuh sehingga tak mudah mengalami kerusakan.

Percobaan yang dimuat dalam beberapa jurnal sudah diujicobakan pada tikus dan terbukti efektif dalam proses mengatasi peradangan. Pada Jurnal Lipids in Health and Disease menyebutkan, dengan mengkonsumsi ekstrak kapulaga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan pada hati karena banyaknya mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan karbohidrat tinggi.

3.Mengatasi Masalah Pencernaan

Kapulaga sudah digunakan bertahun – tahun untuk mengatasi masalah pencernaan. Banyak pula yang mengkombinasikannya dengan rempah lain untuk meredakan mual dan juga muntah. Buat kalian yang tak menyukai aroma kapulaga, bisa mengolahnya menjadi minuman atau pun dicampurkan pada bahan masakan lainnya.

4.Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut seringkali membuat banyak orang tak nyaman dan kehilangan rasa percaya diri. Kalian bisa lho memanfaatkan kapulaga untuk mengatasi masalah tersebut. Kapulaga telah banyak dimanfaatkan masyarakat tradisional zaman dahulu untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul seperti bau mulut hingga masalah gigi berlubang.

Di berbagai negara, untuk menghindarkan dari serangan bau mulut, budaya mengkonsumsi kapulaga setelah makan sangat efektif. Hilangnya bau mulut dengan mengkonsumsi kapulaga, karena bakteri yang ada mampu ditekan oleh. Bakteri yang ditekan tersebut juga bisa menurunkan resiko gigi berlubang.