Tampilkan Konten LGBT, Film Lightyear Terancam Tidak Tayang Di 14 Negara

Film Lightyear dikabarkan tidak akan tayang di 14 Negara kawasan Asia dan Timur Tengah karena menampilkan konten LGBT.

Tampilkan Konten LGBT, Film Lightyear Terancam Tidak Tayang Di 14 Negara
Tampilkan Konten LGBT, Film Lightyear Terancam Tidak Tayang Di 14 Negara. Gambar : Twitter/@PixarsLightyear

BaperaNews - Walt Disney masih bermasalah dalam hal perizinan untuk menayangkan film Lightyear di 14 negara kawasan Asia dan Timur Tengah. Sumber menjelaskan bahwa film animasi terbaru dari Pixar itu tidak akan tayang di China (Pasar film terbesar di dunia) sebab menampilkan konten LGBT. 

Hal itu terjadi lantara film Lightyear diduga menampilkan adegan ciuman pasangan sesama jenis atau biasa disebut LGBT. Adegan LGBT tersebut melibatkan karakter space ranger bernama Alisha yang membangun keluarga bersama dengan seorang perempuan.

Dilansir dari Reuters, salah satu produser film Lightyear mengatakan otoritas China meminta pemotongan adegan LGBT dalam film tersebut. Namun, permintaan itu ditolak oleh Disney. Hingga kini Disney juga belum mendapatkan jawaban dari China. Sehingga produser tersebut menyakini film animasinya tidak akan tayang di China.

Kebijakan tersebut sejalan dengan komitmen China yang menolak keras untuk menampilkan adegan LGBT di layar lebar maupun layar kaca dengan menghapus adegan hingga larang tayang. Beberapa film yang pernah bermasalah dengan hal serupa ialah Call Me By Your Name, penghapusan adegan ciuman Fassbender di Alien: Covenant, dan Fantastic Beasts 3.

Selain China, Uni Emirat Arab turut melarang penayangan film Lightyear dengan alasan yang serupa yakni adegan ciuman sesama jenis atau LGBT. UEA mengatakan bahwa hubungan pasangan tersebut melanggar konten media di sana.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Film Mancanegara Hingga Dalam Negeri Yang Tayang Juni 2022

Film itu juga dilarang tayang di Arab Saudi dan Kuwait. Menurut laporan Variety pada Senin (13/6), film Lightyear tidak pernah mengajukan ke lembaga sensor Arab Saudi untuk mendapatkan hak lulus sensor dan bisa ditayangkan di negara tersebut.

Mesir, Libanon, Malaysia, dan Indonesia juga disebut tidak mengizinkan penayangan film Lightyear di bioskop. Namun, belum ada pernyataan resmi dari negara-negara tersebut terkait jadwal tayang Lightyear hingga saat ini.

Film Lightyear merupakan film animasi Spin-off dari cerita Toy Story. Spin-off ini berfokus pada karakter Buzz Lightyear yang selalu percaya bahwa ia benar-benar seorang space ranger. Sedangkan, dalam film spin-off tersebut, Buzz menjadi seorang space ranger sesungguhnya, tinggal di luar Bumi, menjalankan misi untuk melawan alien.

Chris Evans yang dipercayai untuk mengisi suara Buzz Lightyear untuk menggantikan pengisi suara orisinalnya, yakni Tim Allen. Sang pengisi suara karakter utama itu menilai keberatan terhadap penayangan Lightyear karena konten LGBT "membuat frustrasi."

Kendati demikian, hingga kini belum ada pengumuman resmi tekait dengan jadwal penanyangan film Lightyear di bioskop Indonesia.