Ini 7 Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri Di Berbagai Negara, Seru Semua

Lebaran 2022 akan datang sebentar lagi dan setiap tahunnya diakhiri dengan tradisi unik yang dirayakan diberbagai negara. Berikut 7 tradisi unik saat menjelang lebaran di berbagai negara!

Ini 7 Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri Di Berbagai Negara, Seru Semua
Pawai Obor Gambar : Instagram.com/@dibotabadii_

BaperaNews - Lebaran 2022 akan datang sebentar lagi, sebentar lagi pula kita akan berpisah dengan bulan Ramadhan yang suci, berakhirnya Ramadhan sebagaimana yang terjadi tiap tahunnya diakhiri dengan perayaan Lebaran penuh suka cita yang dirayakan seluruh umat islam sedunia. Meski sama-sama merayakan Idul Fitri, namun tiap Negara punya tradisi yang berbeda.

Berikut ini 7 tradisi unik perayaan Lebaran dari berbagai negara di dunia.

  1.       Turki

Disebut sebagai hari Seker Bayram atau artinya Perayaan Manisan, orang Turki pergi ke masjid dan kumpul dengan keluarganya,namun disana anak-anak yang mengunjungi rumah tetangga atau saudaranya, tidak mendapat uang jajan seperti di Indonesia, mereka mendapatkan permen atau makanan khas Turki misalnya baklava.

  1.       Kosovo

Lebaran di Kosovo disebut dengan hari Barjam, biasanya umat islam bangun lebih pagi dari biasanya, pria pergi ke masjid untuk shalat ied dan para wanita di rumah menyiapkan makanan tradisional seperti Borek, Baklava, dan Pite.

Orang-orang akan berkeliling untuk saling memberi ucapan, kemudian dilanjut dengan sarapan dan minum teh, dan diakhiri dengan berkumpul di rumah salah satu keluarga untuk merayakan Lebaran bersama.

Baca Juga : 12 Makanan Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia, Tidak Hanya Ketupat

  1.       Amerika Serikat

Sebagai Negara dengan jumlah umat islam minoritas, di hari Lebaran tidak semua perusahaan memberi libur meski karyawannya beragama islam, biasanya umat islam memilih untuk ijin kerja atau tidak pergi ke sekolah ketika Lebaran.

Tradisi umat islam disana ialah merayakan Lebaran bersama di Islamic Center atau masjid terdekat dan saling mengucapkan hari raya, sebagian besar umat islam di AS ialah imigran, maka mereka akan membawa makanan khas dari Negara masing-masing untuk dinikmati bersama.

  1.       Afghanistan

Punya tradisi perang telur ketika Lebaran atau disebut dengan Tokhm Jangi, setelah shalat ied, umat islam disana akan berkumpul di taman dan memecahkan telur rebus milik orang lain di sekitarnya.

  1.       China

China pada tahun 2021 punya umat muslim sekitar 25 juta orang, sebagian besar dari suku Uyghur dan Hui, di hari Lebaran, mereka punya tradisi ziarah ke makam Sayyid Ajjal Shams Al Din Omar, beliau merupakan Gubernur Pertama Yunan yang pertama kali memperkenalkan dan menyebarkan islam, kemudian umat muslim akan membersihkan makamnya dan membaca Al Qur’an bersama-sama.

  1.       India

Tradisi Lebaran di India bernama Chaand Raat, yakni bazar belanja yang dibuka di malam Lebaran, wanita muslim akan memakai pakaian tradisional dan memakai henna, dan di hari Lebaran akan berkumpul dengan keluarga sambil menyantap Servai (sejenis bihun) dan Sheer Kurma.

  1.       Ukraina

Meski saat ini umat islam di Ukraina sedang dalam masa sulit karena negaranya perang dengan Rusia, di Negara tersebut juga ada tradisi unik Lebaran, umat muslim disana akan menghadiri Pusat Kebudayaan Islam terdekatnya, menghias rumah, suami memberi istrinya makanan khas semacam permen khusus, dan membeli hadiah untuk anak-anak. Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha di Ukraina juga sudah menjadi salah satu hari resmi keagamaan Negara.

Baca Juga: Fenomena Hampers Lebaran, Kenapa Jadi Tren?