Umur Berapa Anak Boleh Memakai Skincare? Simak Penjelasannya!

Para Ibu kadang masih suka bingung dengan umur berapa anak boleh memakai skincare untuk merawat kulitnya. Maka dari itu, yuk simak penjelasannya!

Umur Berapa Anak Boleh Memakai Skincare? Simak Penjelasannya!
Saat Umur Berapa Anak Dikenalkan Dan Boleh Memakai Skincare? Simak Penjelasannya! Gambar : Pixabay.com/Dok. Elf-Moondance

BaperaNews - Skincare atau perawatan kulit tidak hanya dibutuhkan orang dewasa saja. Anak-anak juga sering melakukan kegiatan yang bisa mempengaruhi kesehatan kulitnya seperti bermain di luar ruangan.

Sebagian orang mengira untuk anak kecil, hal yang paling perlu dilakukan hanyalah memastikan mereka sudah mencuci muka dengan air dan mengeringkannya dengan handuk bersih. Padahal anak butuh lebih dari itu.

Semakin anak bertambah umur, ia akan jadi lebih aktif, tubuhnya mulai berubah, juga mudah berkeringat. Sehingga tidak cukup hanya mencuci wajah saja untuk menjaga kesehatan kulit mereka. Banyaknya produk skincare khusus anak-anak memunculkan pertanyaan baru, mulai umur berapa anak boleh pakai skincare?

Untuk menjawabnya, simak ulasan berikut.

  1. Ajarkan perawatan kulit mulai usia enam tahun

Waktu yang tepat untuk memulai rutinitas perawatan kulit anak ialah ketika mereka berumur enam tahun. Biasakan anak mandi dua kali hari, memakai sabun tubuh dan wajah, memakai shampoo, juga pelembab kulit dan pelindung sinar matahari.

Baca Juga : Perbedaan Perawatan Wajah untuk Pria dan Wanita

  1. Beri rutinitas skincare yang sederhana

Mulai dengan mengenalkan rangkaian skincare yang sederhana untuk anak-anak agar mereka tidak merasa repot, tujuannya hanya untuk membiasakan diri merawat tubuh. Yang diperlukan ialah sabun mandi dan shampoo khusus anak-anak, pelembab ringan untuk mencegah kulit anak kering, dan pelindung sinar matahari (sunscreen) khusus anak-anak terutama jika anak sering bermain di luar rumah.

  1. Lanjutkan setelah pubertas

Seiring dimulainya masa pubertas anak, maka perlu langkah lebih banyak untuk perawatan kulit anak, masa pubertas biasanya bisa menyebabkan anak mulai tumbuh jerawat, juga kulit kusam karena matahari.

sekarang saatnya memakai serum untuk melawan hal-hal yang bisa merusak kulit, misalnya ialah dengan serum vitamin C atau bakuchiol yang boleh dipakai mulai umur 11 tahun. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter kulit untuk memilih produk skincare yang biasanya akan diberi sesuai dengan jenis kulit anak.

Sejatinya skincare tidak memandang umur, semua orang di tiap tahap kehidupannya membutuhkan skincare. Dari lahir pun, bayi sudah mulai diberi perawatan kulit seperti sabun dan pelembab khusus newborn.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Begitu pula dengan perawatan kulit untuk anak. Membiasakan anak merawat kulit sejak dini akan menjadi kebiasaan baiknya hingga ia dewasa kelak.