Tidak Hanya Kopi, 5 Minuman Ini Bisa Mencegah Ngantuk

Kopi merupakan minuman yang bisa mencegah ngantuk, namun tidak semua orang cocok dengan kopi. Nah, 5 minuman selain kopi ini bisa loh mencegah ngantuk!

Tidak Hanya Kopi, 5 Minuman Ini Bisa Mencegah Ngantuk
Tidak Hanya Kopi, 5 Minuman Ini Bisa Mencegah Ngantuk. Gambar : Pexels.com/Dok. Arshad Sutar

BaperaNews - Kopi ialah salah satu minuman paling populer di seluruh dunia. Minuman dari biji kopi tersebut sering dijadikan andalan untuk bekerja atau beraktifitas agar tidak mengantuk. Namun tidak semua orang cocok dengan kopi misalnya bagi penderita maag atau jantung, kopi bisa membuat perut kembung dan jantung berdebar.

Kabar baiknya, selain minum kopi, ada sejumlah minuman lain yang juga bisa membuat mata melek dan menghilangkan rasa ngantuk. Apa saja? Berikut ulasannya.

  1.       Teh hijau

Ilustrasi Teh Hijau. Gambar : Pexels.com/Dok. Lina

Teh hijau ialah pengganti kopi terbaik, mengandung kafein lebih sedikit dan tidak membuat perut kembung. Dr Anthony Kouri, seorang ahli bedah di University of Toledo menjelaskan teh hijau telah diproses secara minimal dan bermanfaat lebih banyak dibanding jenis teh lainnya. Teh hijau mampu menyehatkan otak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Teh hijau juga mampu mencegah ngantuk.

Baca Juga : Waspadai BPOM Ungkap 6 Merk Kopi Saset Yang Mengandung Viagra Dan Paracetamol

  1.       Matcha

Ilustrasi Matcha. Gambar : Pexels.com/Dok. Pixabay

Minuman yang mampu mencegah ngantuk selanjutnya ialah matcha. Matcha berasal dari teh hijau yang digiling dan menghasilkan bubuk hijau cerah. Kandungan kafeinnya setengah dari secangkir kopi, juga bersifat detoks dan membuat otak waspada, sekaligus membuat tubuh tetap rileks. 

  1.       Smoothies

Ilustrasi Smoothies. Gambar : Pexels.com/Dok. PhotoMIX Company

Jika Anda butuh minuman yang bisa mencegah ngantuk dan rasanya lezat, smoothies ialah jawabannya. Smoothies dibuat dari campuran buah-buahan, sayuran ringan, madu, dan rempah ringan yang sempurna untuk mencegah ngantuk. Smoothies kaya akan nutrisi dan antioksidan, tiap tegukannya membuat tubuh kembali segar, juga menjadi energy untuk kenyang lebih lama.

Baca Juga : Sederet Minuman yang Rusak Kesehatan Jantung

  1.       Cuka sari apel

Ilustrasi Cuka Sari Apel. Gambar : Pexels.com/Dok. Ehioma Osih

Minuman yang bisa mencegah ngantuk sekaligus menurunkan berat badan yaitu cuka sari apel. Merupakan minuman non kafein yang dibuat dari fermentasi apel. Namun hindari untuk mengkonsumsi cuka sari apel secara langsung sebab bisa membuat email gigi rusak. Caranya ialah dengan mencampurkan satu atau dua sendok cuka sari apel ke makanan atau menambahkan ke salad.

  1.       Golden milk

Ilustrasi Golden Milk. Gambar : Pexels.com/Dok. Ave Calvar Martinez

Golden Milk merupakan minuman khas India, di Indonesia disebut susu kunyit. Bahan utamanya ialah kunyit, jahe, kayu manis, dan lada hitam sehingga kaya antioksidan. Minuman non kafein ini juga tinggi energy, menyehatkan otak, mencegah penyakit jantung, dan mengurangi resiko kanker serta bisa mencegah ngantuk. 

Nah, itu dia deretan minuman yang bisa mencegah ngantuk selain kopi. Semoga bisa jadi alternatif untuk Anda yang kurang cocok dengan kopi atau ingin variasi lain dari kopi. Selamat mencoba!

Baca Juga : Manfaat Natto Untuk Kesehatan Tubuh