Sejarah Hari Anak Nasional 2022 Diperingati Tiap 23 Juli, Gunakan Hastag Ini!

Hari Anak Nasional 2022 diperingati tiap tanggal 23 Juli, Tema tahun ini ialah Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Gunakan daftar Hastag ini untuk ramaikan media sosial!

Sejarah Hari Anak Nasional 2022 Diperingati Tiap 23 Juli, Gunakan Hastag Ini!
Perayaan Hari Anak Nasional 2022. Gambar : PNGtree

BaperaNews - Hari ini, 23 Juli 2022 ialah Peringatan Hari Anak Nasional (HAN). Peringatan HAN menjadi momentum untuk menunjukkan kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa dalam memenuhi hak-hak anak.

Hak-hak yang dimaksud ialah hak untuk hidup, tumbuh, berkembang, dan dilindungi dari diskriminasi atau kekerasan. Dilansir dari Buku Pedoman HAN 2022, pelaksanaan HAN sudah masuk pasca pandemi. Membuat anak sudah mulai mengalami penyesuaian kembali dalam kehidupan keseharian, seperti bisa belajar di sekolah dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan protokol kesehatan.

Oleh sebab itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengangkat tema Hari Anak Nasional 2022 (HAN 2022) dengan “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan subtema :

  •         Peduli Pasca Pandemi Covid19
  •         Anak Tangguh Pasca Pandemic Covid19
  •         Anak Tanggung Indonesia Lestari

Baca Juga : Tetangga Terkejut Ada Anak Dirantai Ibu Tiri Di Dalam Rumah

Anda bisa meramaikan HAN 2022 dengan menggunakan foto Twibbon, bingkai foto tersebut bisa Anda bagikan ke akun media sosial dengan tagline:

  •         #Pedulipascapandemicovid19
  •         #Anaktangguhpascapandemicovid19
  •         #Anaktangguhindonesialestari

Sejarah Hari Anak Nasional

Hari anak nasional menjadi hari peringatan untuk memberi penghormatan, perlindungan, dan memenuhi hak anak sebagai penerus bangsa. Sejarah dimulai dari adanya usulan Hari Anak Nasional pada tahun 2984 oleh Presiden Soeharto. Soeharto menilai anak-anak ialah aset kemajuan bangsa sehingga perlu diberi peringatan.

Hari Anak Nasional 2022 jatuh pada tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden No. 44 th 1985. Hingga kini, tanggal 23 Juli terus diperingati sebagai Hari Anak Nasional untuk mewujudkan Indonesia menjadi Negara yang ramah anak.

Baca Juga : Peran Orang Tua Dan Guru Harus Punyai Radar Kuat Untuk Cegah Bullying

Kegiatan Hari Anak Nasional 2022

Acara puncak Hari Anak Nasional 2022 dilakukan di ruang terbuka (outdoor) dengan jumlah peserta terbatas di Taman Teijsmann Kebun Raya Bogor, hari Sabtu 23/7 pukul 09.00 – 10.30 WIB. Sejumlah acara lain juga dilakukan di sejumlah daerah oleh pemerintah setempat yakni :

  •         Webinar tentang pemenuhan hak anak.
  •         Challenge video pendek Hari Anak Nasional 2022 “Suarakan HakMu Stop Perkawinan Anak”.
  •         Lomba menulis artikel dengan tema “Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak 0-3 Tahun”.
  •         Bakti sosial, pelaksanaan skrining mata anak SD di seluruh provinsi oleh Kementrian Kesehatan.
  •         Kegiatan publikasi acara Hari Anak Nasional 2022.
  •         Kegiatan dengan partisipasi anak.

Sejatinya Hari Anak Nasional hanya ialah bentuk peringatan mewujudkan kehidupan anak yang bahagia sesuai haknya. Namun pemberian hak untuk anak maupun kasih sayang sepenuhnya untuk mereka jelas wajib diberikan sepanjang hari. Sayangi dan penuhi hak anak-anak Anda serta selalu beri perlakukan terbaik untuk semua anak-anak di Indonesia.

Baca Juga : LPA, PPA, Dan Polda Usut Kasus Anak SD Meninggal Usai Dibully Setubuhi Kucing, Orang Tua Minta Keadilan