5 Tips Mencegah Asam Lambung atau Gerd Naik

Penyakit asam lambung atau gerd yang sering dialami oleh sebagian orang yang menimbulkan gejala dada terasa panas dan berdebar, simak yuk tips untuk mencegah naiknya asam lambung atau gerd!

5 Tips Mencegah Asam Lambung atau Gerd Naik
5 Tips mencegah asam lambung atau gerd naik. Gambar : freepik.com/Dok. KamranAydinov

BaperaNews - GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan penyakit yang sering dialami oleh sebagian orang terutama setelah makan. GERD terjadi karena jumlah asam lambung yang naik ke esofagus melebihi batas normal. 

Inilah yang mengakibatkan beberapa gejala seperti dada terasa panas dan berdebar, naiknya asam lambung, kesulitan menelan, rasa asam atau pahit di mulut, mual, sampai muntah.

Sebenarnya, GERD ini dipicu oleh gaya hidup yang salah. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara tepat untuk mencegah GERD agar tak mengganggu kesehatan.

Berikut Ini adalah Beberapa Cara Mencegah Asam Lambung atau Gerd Naik :

  1. Makan dalam porsi kecil dan sering

Makan dalam porsi yang kecil dan cukup sering adalah salah satu cara mencegah asam lambung naik yang paling sederhana. Bagi penderita GERD, makan 5 kali sehari dalam porsi kecil lebih baik daripada makan 3 kali sehari dalam porsi besar.

Ketika makan dalam porsi besar, lambung Anda akan menampung beban yang lebih besar, sehingga tekanan dalam perut pun meningkat. Akibatnya, makanan dan asam di lambung dapat terdorong kembali ke kerongkongan dan menyebabkan rasa perih di ulu hati atau bahkan hingga ke dada.

Baca Juga : Berikut 3 Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Usia Muda

  1. Turunkan berat badan berlebih

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah faktor pemicu asam lambung naik yang terbesar. Kondisi ini bisa terjadi karena penumpukan lemak di area perut dapat memberikan tekanan ekstra pada perut, sehingga asam lambung dapat terdorong kembali ke kerongkongan.

Oleh sebab itu, menurunkan berat badan yang berlebih dapat membantu mencegah asam lambung naik. Di samping itu, menjaga berat badan ideal juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan, misalnya dapat menurunkan risiko terkena diabetes serta penyakit jantung.

  1. Jangan makan sebelum tidur

Bagi Anda yang sering mengalami asam lambung naik, sangat disarankan untuk menghindari ngemil atau makan sebelum Anda tidur, karena kebiasaan ini dapat memperburuk gejala asam lambung.

Saat Anda berbaring atau tidur segera setelah makan, gravitasi akan menarik isi perut Anda ke arah kerongkongan. Oleh karena itu, tidurlah ketika isi lambung telah dikosongkan ke usus halus, kira-kira 2–3 jam setelah makan.

  1. Tinggikan kepala tempat tidur

Beberapa orang dapat mengalami gejala asam lambung naik pada malam hari meskipun mereka telah membatasi waktu makannya. Hal ini tentu dapat mengganggu kualitas tidur.

Jika mengalami ini, Anda bisa mencegah asam lambung naik dengan meninggikan posisi kepala dan dada hingga 15 - 20 cm. Untuk melakukan ini, cara mencegah asam lambung atau GERD naik dengan menggunakan balok atau busa penyangga di bawah kasur Anda. Menggunakan bantal tambahan tidak disarankan karena hal ini justru bisa menambah tekanan pada perut.

  1. Hindari Rokok

Merokok dapat melemahkan otot katup esofagus bawah. Berhenti merokok adalah tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah GERD.

Selain melakukan cara-cara mencegah asam lambung atau GERD di atas, Anda juga sebaiknya menghindari makanan penyebab naiknya asam lambung, seperti makanan yang digoreng, berlemak, pedas, atau asam. Kurangi juga asupan alkohol, teh, kopi, dan minuman berkarbonasi seperti soda.

Beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah asam lambung naik atau GERD adalah meredakan stres dengan yoga atau meditasi, mengunyah permen karet setelah makan, dan mengenakan pakaian yang longgar.

Baca Juga : Keseringan Susah Tidur? Ini Trik Mengatasi Insomnia Paling Ampuh