Kapan Maulid Nabi? Berikut Amalan Dan Jadwal Maulid Nabi 2022

Umat Islam akan menyambut perayaan Maulid Nabi yang rutin diperingati setiap tahun pada bulan Rabbiul Awal. Berikut amalan yang bagus dikerjakan saat Maulid Nabi.

Kapan Maulid Nabi? Berikut Amalan Dan Jadwal Maulid Nabi 2022
Amalan dan jadwal Maulid Nabi 2022. Gambar : Pixabay.com/Dok. Chiplanay

BaperaNews - Umat Muslim akan menyambut perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang rutin diperingati setiap tahun pada bulan Rabbiul Awal. Kira-kira, tanggal berapa perayaan Maulid Nabi 2022? Ini penjelasannya.

Peringatan Maulid Nabi SAW merupakan peringatan atau perayaan hari lahirnya manusia paling mulia di muka bumi yaitu Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Senin, 12 Rabbiul Awal tahun gajah (570 Masehi) di Kota Mekkah. 

Itulah mengapa setiap tanggal 12 Rabbiul Awal tahun Hijriah selalu diperingati dengan hari Maulid Nabi SAW. Dilihat dari perhitungan kalender Masehi, Maulid Nabi 2022 atau 1444 H bertepatan pada Sabtu, 08 Oktober 2022.

Nantinya, Umat Muslim akan mengadakan berbagai acara religi untuk menyambut atau memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tak hanya itu, umat Muslim juga dianjurkan untuk melakukan amalan baik sebanyak mungkin.

Berikut amalan-amalan baik saat hari Maulid Nabi 2022:

  1. Sering-sering shalawat

Saat hari Maulid Nabi tiba, umat Muslim dianjurkan untuk melantunkan shalawat Nabi sebanyak mungkin. Hal tersebut tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, bunyinya adalah:

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya.” (HR. Ahmad)

  1. Banyak bersedekah

Bersedekah juga salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Maulid Nabi ataupun kehidupan sehari-hari sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Sebab, bersedekah bisa membantu kita untuk membuka pintu rezeki selebar mungkin. 

Amalan untuk sering bersedekah juga tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muslim, bunyinya adalah:

“Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (HR. Muslim)

  1. Berdzikir

Pada hari Maulid Nabi, umat Muslim dianjurkan untuk berdzikir kepada Allah sebanyak mungkin sebagaimana yang telah Rasulullah SAW ajarkan, agar umat Muslim untuk selalu berdzikir kepada Allah dalam kondisi apapun dan dimanapun. 

Amalan berdzikir tertuang di dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 41 dan 42 yang artinya adalah:

“Hai orang-orang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang,” (QS. Al-Ahzab: 41-42). 

Sekian ulasan tentang jadwal Maulid Nabi 2022 dan amalan-amalan baik yang dianjurkan untuk dilakukan Umat Muslim saat hari Maulid Nabi 2022 tiba.