Indonesia Jadi Korban Rasisme di Forum Orang Korsel, Hina Fisik Sampai Agama

Forum orang Korea Selatan yang bernama Indosarang ramai dicibir netizen Indonesia usai rasis terhadap warga Indonesia. Baca selengkapnya di sini!

Indonesia Jadi Korban Rasisme di Forum Orang Korsel, Hina Fisik Sampai Agama
Indonesia Jadi Korban Rasisme di Forum Orang Korsel, Hina Fisik Sampai Agama. Gambar: x/@tanyakanrl

BaperaNews - Kasus rasisme kembali menggemparkan jagat maya, kali ini melibatkan warga Indonesia sebagai korban dalam sebuah forum online yang didominasi oleh orang Korea Selatan yang tinggal di Indonesia.

Dalam unggahan yang viral di media sosial, para pekerja Korea itu diketahui menghina secara kasar, tidak hanya fisik, namun juga agama Islam.

Unggahan tersebut, yang berasal dari forum Indosarang, menampilkan sejumlah komentar yang merendahkan warga Indonesia. Mereka menggunakan bahasa yang kasar dan menghina secara diskriminatif, menyebutkan bahwa kulit orang Indonesia 'item' dan merendahkan agama Islam dengan kata-kata tidak pantas.

“Kulitnya hitam, paling jelek di Asia Tenggara dan punya obsesi,” komentar salah satu anggota di forum Indosarang.

“Tenaga kerja pribumi yang tidak beradab dan semuanya menyebalkan,” komentar lainnya dari anggota forum tersebut.

Hal ini pun dapat respons keras dari netizen Indonesia. Mereka geram dan mengecam sikap rasialis yang ditunjukkan oleh para pengguna forum Indosarang tersebut. Banyak yang mengungkapkan kekesalan dan kecaman atas perlakuan diskriminatif yang dilakukan oleh warga Korea Selatan tersebut.

Baca Juga: Baru Kenal, Pria Botak Tiba-tiba Ajak YouTuber Korea Main ke Hotel

“Bukan seburuk itu orang Indo tapi serasis itu orang Korea. Mereka ngerasa mereka paling maju dari segi apa pun dibanding negara-negara di Asia Tenggara. Sendirinya rasis, giliran dirasisin sama negara barat baper,” tulis netizen.

Beberapa netizen juga mengajukan permintaan kepada pihak berwenang, seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia, untuk menginvestigasi dan menindaklanjuti kasus ini. Mereka menuntut agar tindakan diskriminatif dan pelecehan terhadap Indonesia dan umat Islam segera ditangani secara serius.

Melihat reaksi yang negatif, pemilik situs Indosarang pun memberikan klarifikasi dan permintaan maaf kepada warga Indonesia. Mereka menyatakan bahwa sebagai pemilik situs, mereka menyadari bahwa beberapa tulisan yang tidak pantas telah tersebar di luar kendali mereka. Permintaan maaf disampaikan kepada semua pihak yang merasa terluka oleh konten tersebut.

Indosarang juga menegaskan komitmennya untuk menjaga sikap netral di forum tersebut, sehingga pengunjung dari Korea Selatan dapat memiliki pandangan yang seimbang tentang Indonesia.

Meskipun demikian, hal ini tidak menghapus fakta bahwa konten yang merendahkan dan merusak citra Indonesia serta umat Islam telah tersebar dan menimbulkan dampak negatif.

Baca Juga: Pelatih Korea Selatan, Hwang Sun Hong Buka Suara Usai Dikalahkan Indonesia