Vandalisme Tugu Sepatu Sudirman, Satpol PP Buru Oknum

Tugu Sepatu di Sudirman dicoret, Satpol PP segera memburu oknum vandalisme. Kejadian pencoretan tugu seperti ini tidak boleh terulang

Vandalisme Tugu Sepatu Sudirman, Satpol PP Buru Oknum
Gambar : cnnindonesia.com

BaperaNews - Sebuah tugu sepatu berukuran raksasa yang baru saja diresmikan pada Jumat (17/09/2021) di Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat menjadi sasaran vandalisme. Pelaku mencoret-coret tugu bagian sebelah kanan.

Diketahui, tugu sepatu yang merupakan brand lokal itu memiliki warna hijau, merah, kuning, coklat serta didominasi oleh warna putih.

Akan tetapi, tugu tersebut sudah terdapat coretan menggunakan cat semprot berwarna ungu dan hitam di posisi sebelah kanan, sedangkan sisi lainnya masih bersih.

Seorang warga yang berswafoto disana sangat menyayangkan atas aksi oknum yang melakukan vandalisme pada tugu baru tersebut.

Ferdi yang kala itu sedang berburu foto dengan memanfaatkan tugu sepatu tersebut sebagai objek fotonya menyampaikan bahwa tugu tersebut seharusnya tidak boleh dicoret-coret karena dapat merusak keindahan tugu.

Kemudian ferdi menyampaikan bahwa ia berharap coretan yang terdapat di tugu sepatu tersebut dapat segera dihapus agar tugu itu kembali indah seperti semula.

Sebagai informasi, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI bersama Jakarta Experience Board (JXB) telah melakukan kolaborasi dengan para pelaku ekonomi kreatif untuk memasang tugu sepatu raksasa di sejumlah titik di Jakarta.

Diketahui, terdapat dua lokasi lain yang menjadi titik pemasangan instalasi tersebut yaitu Alun-Alun Velodrome dan di Lapangan Banteng.

Sementara itu, Gumilar Ekalaya selaku Plt Kadisparekraf menyampaikan bahwa tugu sepatu Jakarta tersebut berfungsi untuk menandai rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021.

Gumilar berkata bahwa kegiatan tersebut merupakan dukungan dari Pemprov DKI dan pelaku ekonomi kreatif terhadap Tahun Internasional Ekonomi Kreatif 2021 yang direncanakan oleh UNCTAD. Pihaknya menyambut hal tersebut dengan menggelar instalasi dari para pelaku ekonomi kreatif.

Gumilar menambahkan tujuan diadakannya hal tersebut yakni guna memberikan serta membangkitkan dukungan kepada para pelaku ekonomi kreatif di Jakarta untuk tetap berekreasi di tengah tantangan pandemi, serta dapat membantu pemulihan ekonomi nasional dan juga mendukung Jakarta sebagai Kota Kolaborasi melalui kampanye kreatif di ruang publik.

Sementara itu, saat ini Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengaku sedang menindaklanjuti serta mencari pelaku vandalisme terhadap Tugu Sepatu yang berada di kawasan Sudirman.

Bernard Tambunan selaku Kasatpol PP Jakpus langsung menurunkan aparat untuk datang ke lokasi guna meninjau langsung. Nantinya, akan terdapat para petugas yang mengawasi agar hal serupa tidak terjadi kembali.

Sebagai informasi, Tugu Sepatu tersebut akan dipajang hingga 26 September.