Media Ukraina Klaim Rusia Salah Tembak Jet Sendiri

Rusia tak sengaja lakukan penembakan terhadap jet pengebom Su 34 yang merupakan alat perang milik sendiri di kawasan Luhansk Ukraina. Benarkah begitu?

Media Ukraina Klaim Rusia Salah Tembak Jet Sendiri
Media asal Ukraina mengklaim Rusia menembakan jetnya sendiri. Gambar : Unsplash.com/Dok. Terence Burke

BaperaNews - Media lokal Ukraina melakukan klaim bahwa Rusia tak sengaja melakukan penembakan terhadap jet pengebom Su 34 yang merupakan alat perang milik sendiri di kawasan Luhansk. Jet yang tertembak tersebut dilaporkan bernilai sekitar 36 juta dollar AS (Rp 539 miliar).

“Penjajah Rusia dari tempat pertahanannya di udara, telah melakukan tembakan dengan target sasaran pesawat mereka sendiri, yang mana pesawat tersebut sedang terbang di kawasan Alchevsk,” isi dari laporan yang dimuat oleh media Ukraina, bernama dialog.ua.

Kemudian dilansir dari unggahan Newsweek, bahwa terdapat satu jet memang benar ada yang dilaporkan jatuh di kawasan Kota Alchevsk, Luhansk. Kota tersebut saat ini sudah dikuasai oleh para pasukan separatis yang mendapatkan dukungan langsung dari pihak Moskow.

Terdapat puing-puing dari jet Su 34 seperti yang ada di dalam video dan juga gambar seperti unggahan Komando Strategis Angkatan Bersenjata Ukraina pada hari Senin, 18 Juli 2022.

Dalam unggahan video tersebut, terlihat jelas bahwa juru kamera menjelaskan terkait dengan puing dari pesawat Ukraina. Namun, penjelasan dari media lokal menyebutkan bahwa jet itu adalah milik dari Angkatan Bersenjata Rusia, sesuai dengan catatan yang tertulis terkait pesawat.

Banyak media Ukraina, termasuk salah satunya adalah TSN, membuat laporan bahwa pesan berantai yang ditemukan di telegram memberikan informasi terkait dengan peristiwa penembakan jet Su 34 yang dilakukan oleh pihak pertahanan udara dari Rusia.

Baca Juga : Ukraina Sebut Rusia Bersiap Untuk Serangan Selanjutnya

Menurut keterangan yang diberikan oleh media dialog.ua, bahwa peristiwa penembakan tersebut diprediksikan berlangsung pada hari Minggu (17/7) mengingat pada waktu yang sama pihak pasukan dari Ukraina telah meluncurkan serangannya ke area militer di Kota tersebut.

Sementara itu, menurut laporan yang dibuat oleh media bernama Glavred menunjukkan perbedaan, dan mengklaim bahwa jet yang jatuh merupakan milik dari Ukraina.

Namun, setelah beberapa saat, pihak media melakukan take down terkait dengan video yang dilampirkan, karena sudah diketahui dengan jelas bahwa faktanya jet yang jatuh benar adanya dimiliki oleh pihak Moskow.

Terkait dengan kejadian ini, sampai saat ini pihak Moskow belum memberikan respon lebih lanjut. Media Newsweek juga belum bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukan konfirmasi secara independen terkait dengan klaim yang beredar.

Selain itu, pihak Kementerian Luar Negeri Rusia juga sama saja, belum ada respon sama sekali.