84,3 % Publik Yakin Prabowo Bisa Pimpin RI Jadi Lebih Baik

Hasil survei Indikator menunjukkan bahwa 84,3% publik percaya Prabowo Subianto bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

84,3 % Publik Yakin Prabowo Bisa Pimpin RI Jadi Lebih Baik
84,3 % Publik Yakin Prabowo Bisa Pimpin RI Jadi Lebih Baik. Gambar : Instagram/@prabowo

BaperaNews - Lembaga survei Indikator merilis hasil survei terbaru yang menunjukkan bahwa 84,3% publik meyakini Prabowo Subianto dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik dalam lima tahun ke depan.

Survei ini dilakukan antara 22 hingga 29 September 2024, melibatkan 1.200 responden dari berbagai wilayah di Indonesia. Dengan hasil yang menggembirakan ini, mayoritas responden optimis terhadap kepemimpinan Prabowo setelah pemilihan presiden mendatang.

Metodologi survei yang digunakan adalah multistage random sampling, dan survei ini memiliki margin of error sekitar 2,3% dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Responden ditanya seberapa yakin mereka Prabowo Subianto akan memimpin Indonesia menjadi lebih baik dari saat ini. Hasilnya, sebanyak 83,4% masyarakat memberikan jawaban positif.

"Mayoritas yakin Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto mampu memimpin Indonesia ke depan menjadi lebih baik dari saat ini," ungkap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya pada Jumat, (4/10).

Survei ini menunjukkan rincian keyakinan responden terhadap kepemimpinan Prabowo Subianto. Dari 1.200 responden, 18,5% menyatakan sangat yakin, 64,9% cukup yakin, 12,7% kurang yakin, dan 1% tidak yakin sama sekali. Sekitar 2,9% responden mengaku tidak tahu mengenai hal ini.

Berdasarkan demografi, hasil survei menunjukkan bahwa keyakinan terhadap Prabowo Subianto bervariasi berdasarkan kelompok usia. Responden berusia di bawah 25 tahun menunjukkan tingkat keyakinan sebesar 78,7%.

Baca Juga: Puan Maharani Amini PDIP Akan Dapat Kursi Menteri Pemerintahan Prabowo

Sementara itu, kelompok usia 26 hingga 40 tahun memiliki keyakinan sebesar 85,4%. Untuk kelompok usia 41 hingga 55 tahun, tingkat keyakinan mencapai 81,6%, sedangkan responden di atas 55 tahun menunjukkan keyakinan sebesar 83,5%.

Hasil survei juga menggambarkan keyakinan berdasarkan etnis. Di antara responden etnis Jawa, 82,4% menyatakan yakin. Etnis Sunda memiliki tingkat keyakinan tertinggi, yakni 85,2%.

Sementara itu, etnis Batak menunjukkan tingkat keyakinan lebih rendah, yaitu 73,6%. Etnis Madura mencatatkan tingkat keyakinan yang signifikan, mencapai 92,5%. 

Dari segi agama, responden yang beragama Islam juga menunjukkan tingkat keyakinan yang cukup tinggi. Sebanyak 82,6% dari responden Muslim merasa yakin terhadap kepemimpinan Prabowo.

Sementara itu, responden dari Nahdlatul Ulama (NU) memiliki keyakinan sebesar 85%, dan Muhammadiyah serta kelompok lainnya menunjukkan keyakinan 68,7%. Responden yang tidak tergabung dalam organisasi Islam manapun memiliki keyakinan sebesar 81,9%.

Survei juga membahas keyakinan terhadap kepemimpinan Prabowo Subianto berdasarkan pasangan calon dalam pemilihan presiden 2024. Responden yang mendukung pasangan Anies-Cak Imin menunjukkan tingkat keyakinan sebesar 59,1%, sementara untuk pasangan Prabowo-Gibran, tingkat keyakinan mencapai 92,9%.

Di sisi lain, pasangan Ganjar-Mahfud MD memiliki tingkat keyakinan sebesar 66,4%.

Baca Juga: Momen Hangat Jokowi Bareng Puan dan Prabowo Berbincang usai Upacara Kesaktian Pancasila