Terseret Rafael Alun, KPK Periksa Grace Tahir

Grace Tahir diperiksa KPK pada Kamis (11/5) dalam rangka pendalaman kasus TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) yang dilakukan tersangka Rafael Alun.

Terseret Rafael Alun, KPK Periksa Grace Tahir
Tangkapan Layar Grace Tahir sebelum diperiksa KPK. Gambar : YouTube/CURHAT BANG Denny Sumargo

BaperaNews - Grace Tahir diperiksa KPK pada Kamis (11/5) dalam rangka pendalaman kasus TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) yang dilakukan tersangka Rafael Alun. Rafael ialah mantan pejabat pajak yang kini ditahan karena kepemilikan harta dalam jumlah tidak wajar yang diduga dari gratifikasi.

Grace Tahir hadir di kantor KPK untuk menjadi saksi. Nampak Grace memakai baju kemeja strip biru putih dan kacamata. Grace bungkam ketika ditanya wartawan tentang statusnya sebagai saksi. Grace Tahir diperiksa KPK sejak pagi hingga pukul 13.30 WIB.

“Terkait kasus pemeriksaan Grace itu sebagai saksi dari kasus TPPU Rafael Alun, kami sedang menelusuri TPPUnya, bukan gratifikasinya” tutur Plt Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK Asep pada Kamis (11/5).

Baca Juga : Waduh! Ada 25 Artis Diduga Terlibat Pencucian Uang Rafael Alun

Siapa Grace Tahir dan Mengapa Ikut Terseret Pada Kasus Rafael Alun

Diperiksa sebagai salah satu saksi kasus TPPU Rafael, Grace Tahir pun menjadi sorotan warganet, banyak yang merasa penasaran dengan sosoknya. Grace ialah anak dari orang terkaya ke-16 di Indonesia. Ibunya ialah Rosy Riady dan ayahnya Mochtar Riady. Orang tua Grace merupakan pemilik bisnis-bisnis raksasa Indonesia salah satunya Lippo Group.

Meski lahir kaya raya, Grace Tahir dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan kerap tampil sederhana. Ia tidak pernah pamer kemewahan. Grace menjalani bisnis di bidang kesehatan, menjadi Direktur RS Mayapada, pendiri Dokter.id, juga memiliki jabatan lain sebagai Direktur Philips Indonesia dan CEO Medico.

Grace Tahir sempat tampil di kanal YouTube Denny Sumargo tahun 2022 lalu. Grace mengaku ia tidak punya supercar, ia lebih suka pakai Alphard. Bahkan ia hanya pakai jam tangan biasa, bukan yang berharga mahal.

Grace Tahir yang berkecimpung di dunia kesehatan sering membuat konten di akun YouTubenya. Grace juga sempat memparodikan fenomena flexing dan crazy rich Indonesia yang menurutnya suka pamer harta, Grace ingin menyampaikan bahwa apa yang nampak di media sosial tidak selalu sama dengan dunia nyata.

Rafael Alun Beli Rumah Grace

Grace Tahir diperiksa KPK karena ada transaksi jual beli rumah antara Rafael Alun dan Grace. Diketahui Grace pernah menjual rumahnya dan dibeli oleh Rafael.

KPK belum mengungkap berapa nilai penjualan dari rumah tersebut, KPK hanya menyebut transaksi itulah yang membuat Grace dipanggil sebagai saksi kasus Rafael Alun. Saksi lain yang juga diperiksa ialah Albertus Katu dan Timothy William.

Baca Juga : Rafael Alun Jadi Tersangka Pencucian Uang, Bisa Dimiskinkan?