Viral Video Pemuda Pake Kaos Bolong Saat Tes Masuk Polisi

Viral kisah Muhammad Iqbal yang mengikuti tes masuk Polri dengan kaos sobek.

Viral Video Pemuda Pake Kaos Bolong Saat Tes Masuk Polisi
Viral Video Pemuda Pake Kaos Bolong Saat Tes Masuk Polisi. Gambar : Detiksumut.com

BaperaNews - Viral kisah Muhammad Iqbal yang mengikuti tes masuk Polri dengan kaos sobek. Iqbal ialah seorang remaja pria yang baru lulus SMA, ia bercita-cita untuk bisa menjadi abdi negara, menjadi seorang polisi menjadi impiannya sejak kecil. Ia semangat untuk menggapainya meski berada di kondisi keterbatasan ekonomi.

Iqbal berasal dari Riau, umurnya 18 tahun, ia seorang anak yatim yang sedang berjuang untuk bisa lolos tes menjadi seorang polisi. Iqbal tinggal bersama ibunya di sebuah kontrakan sederhana. Ibunya, Yusmarni (58) ialah seorang penjual makanan. Sementara ayah Iqbal, Sarbini telah meninggal dunia.

Kisah Kaos Sobek Iqbal Ketika Tes Bintara Polri

Iqbal memakai kaos sobek ketika tes Bintara Polri, kisah kaos sobek Iqbal tersebut dilihat oleh salah satu panitia tes dan menjadi perhatian. Iqbal mendapatkan kaos sobek tersebut dari temannya, ia terpaksa meminjam kaos temannya karena belum punya uang untuk membeli kaos baru.

“Iya, saya pakai baju sobek, waktu itu tes ketiga di tes kesehatan. Waktu itu saya dipanggil ke depan sama Pak Alvin, beliau bilang nama kamu sama dengan Pak Kapolda Riau (Irjen Muhammad Iqbal), iya siap pak saya jawab begitu” tutur Iqbal.

Ketika tes, Iqbal memang menjadi perhatian salah satu panitia yakni Kompol Alvin Agung. Alvin bertanya kenapa Iqbal memakai kaos yang sobek, Iqbal pun menjawab karena kaos itu ia pinjam dari temannya, ia belum punya uang untuk beli kaos. 

Baca Juga : Kebijakan Baru Polisi, Tilang Manual Kembali Diberlakukan

Esok paginya, ternyata Alvin membelikan kaos baru untuk Iqbal karena merasa terenyuh dengan perjuangan Iqbal yang tidak malu dan tetap semangat ikut tes meski dalam keterbatasan ekonomi.

“Pagi harinya saya dipanggil lagi sama Pak Alvin, saya dikasih baju baru, saya sangat berterima kasih pada beliau, beliau baik” imbuhnya.

Iqbal Tetap Lanjutkan Masuk Bintara Polri

Iqbal tetap melanjutkan tesnya masuk Bintara Polri, ia bertekad ingin memiliki masa depan yang lebih baik dan ingin mengangkat derajat keluarganya serta membahagiakan orang tuanya.

“Saya ingin jadi polisi untuk membahagiakan keluarga terutama orang tua saya. Ibu sekarang tak bisa jualan lagi karena sudah sakit-sakitan. Ibu sempat melarang saya tes masuk polisi karena tak punya uang, saya bilang coba dulu bu, lagipula masuk polisi gratis, saya sama dua orang teman saya mendaftar” pungkas Iqbal

Keterangan Polda Riau Tentang Kisah Kaos Sobek Iqbal

Kasubbagdiapers Bagdalpers Ro SDM Polda Riau Kompol Alvin Agung tidak menyangka apa yang dialami Iqbal viral di media sosial. Alvin mengaku sejak awal melihat Iqbal sudah bertanya-tanya kenapa Iqbal memakai baju yang lusuh dan sobek.

“Saya panggil dia ke depan, saya tanya namanya, awalnya saya mau marahi kok tes pakai baju sobek, tapi setelah mendengar jawabannya saya jadi terenyuh, terus saya minta anggota agar belikan baju baru untuknya” terang Alvin.

Kisah kaos sobek Iqbal ini bisa jadi motivasi untuk semua muda-muda Indonesia, untuk tidak menyerah pada keadaan dan tetap berusaha lakukan yang terbaik sesuai apa yang dicitakan. Semoga Iqbal bisa menjalani tes masuk Bintara Polri dengan lancar dan bisa menggapai cita-citanya menjadi polisi ya!

Baca Juga : Banyak Kasus Begal Payudara di Jalan, Polisi Janji Bakal Usut Lebih Jauh