Puan Maharani Amini PDIP Akan Dapat Kursi Menteri Pemerintahan Prabowo

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengucapkan kata "amin" ketika ditanya tentang kemungkinan PDIP mendapatkan kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

Puan Maharani Amini PDIP Akan Dapat Kursi Menteri Pemerintahan Prabowo
Puan Maharani Amini PDIP Akan Dapat Kursi Menteri Pemerintahan Prabowo. Gambar : Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Bapera News - Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, yang sekaligus baru saja dipilih kembali menjadi Ketua DPR-RI Periode 2024-2029 mengucapkan kata "amin" ketika ditanya oleh awak media tentang kemungkinan PDIP mendapatkan kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

Dalam wawancaranya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024), Puan ditanya apakah sudah dapat dipastikan bahwa partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri ini akan mendukung pemerintahan Prabowo. Menanggapi hal tersebut, Puan menjawab, "Tunggu nanti pada waktunya."

Spekulasi semakin berkembang setelah Puan juga memberikan jawaban serupa saat ditanya mengenai kabar bahwa PDIP telah menitipkan sejumlah kadernya untuk menjadi bagian dari menteri dalam kabinet Prabowo. Puan tetap enggan menjawab dengan jelas, hanya mengatakan, "Pada waktunya (akan diketahui)."

Ketika ditanya lebih lanjut mengenai kabar yang menyebut ada dua kader PDIP yang akan menjadi menteri dalam pemerintahan Prabowo, Puan memberikan jawaban singkat, "Amin." Hal ini seolah memberi sinyal positif bahwa PDIP mungkin akan mendapatkan posisi strategis di kabinet baru.

Baca Juga : Sah! Puan Maharani Kembali Jadi Ketua DPR RI 2024-2029

Dalam satu bulan terakhir, isu merapatnya PDIP ke pemerintahan Prabowo memang semakin kencang berembus.

Said Abdullah, Ketua DPP PDIP, menegaskan bahwa meskipun partainya berkomitmen untuk memberikan kritik yang membangun, partai tersebut siap mendukung pemerintahan Gerindra di bawah kepemimpinan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka, asalkan ada kesamaan visi dalam membangun bangsa dan negara.

"Soal sikap kami, karena kami sudah membiasakan diri, baik di zaman Bapak Presiden Jokowi maupun nanti di zaman Bapak Presiden Subianto, kami tetap akan melakukan kritik konstruktif. Karena itu adalah memang tempatnya di DPR," ujar Said di Gedung DPR RI, Selasa (17/9/2024).

Hingga kini, belum ada keputusan pasti mengenai apakah PDIP akan resmi bergabung ke pemerintahan Prabowo, namun sinyal dari para pemimpin partai menunjukkan bahwa hal ini mungkin saja terjadi dalam waktu dekat.

Baca Juga : Daftar Nama yang Diisukan Akan Jadi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran