Garuda ID Jadi Syarat Wajib untuk Beli Tiket Timnas Indonesia

PSSI mengumumkan bahwa Garuda ID kini menjadi syarat wajib untuk membeli tiket pertandingan Timnas Indonesia.

Garuda ID Jadi Syarat Wajib untuk Beli Tiket Timnas Indonesia
Garuda ID Jadi Syarat Wajib untuk Beli Tiket Timnas Indonesia. Gambar : Instagram/@timnasindonesia

BaperaNews - PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) telah mengumumkan bahwa mulai sekarang, Garuda ID menjadi syarat wajib untuk membeli tiket menonton pertandingan Timnas Indonesia di stadion.

Langkah ini diambil untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan para suporter. Garuda ID adalah identitas yang dapat didaftarkan secara gratis oleh semua orang.

Pendaftaran untuk Garuda ID dapat dilakukan secara daring (online) melalui situs resmi PSSI. Bagi mereka yang lebih memilih cara offline, PSSI juga menyediakan 10 titik pengisian data di wilayah Jabodetabek.

Setiap Garuda ID hanya bisa digunakan untuk satu orang suporter, sehingga identifikasi suporter akan lebih terjamin dan terorganisir.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, menjelaskan bahwa sistem Garuda ID merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman di dalam stadion.

"Dalam waktu dekat kita akan ada yang namanya Garuda ID. Dalam membangun sistem ini, kami bekerja sama dengan pihak luar yang lebih profesional. Nantinya setiap yang akan membeli tiket harus punya Garuda ID. Tujuannya untuk mendata siapa saja yang masuk stadion dan tidak ada lagi calo-calo di luar stadion. Semua demi keamanan dan kenyamanan bersama," kata Arya dalam rilis resmi PSSI.

Baca Juga: Dianggap Rapuh, Shin Tae-yong Sarankan Indra Sjafri Naturalisasi Pemain Bertahan Timnas Indonesia U-20

Dengan mendaftar Garuda ID, para suporter juga akan mendapatkan keuntungan tambahan. Mereka berhak mendapatkan diskon pada pembelian pernak-pernik, potongan harga tiket MRT, serta layanan angkutan gratis di area Gelora Bung Karno (GBK) pada hari pertandingan.

Arya mengungkapkan bahwa keberadaan Garuda ID adalah salah satu bentuk perbaikan layanan PSSI untuk para penggemar. 

Kebijakan ini penting setelah insiden yang terjadi pada laga kandang terakhir Timnas Indonesia saat menjamu Australia, di mana sekelompok orang yang diduga tidak memiliki tiket dapat masuk dan menonton di tribun. 

"Jadi sebelum Anda mau beli tiket, Anda harus jadi member. Kalau enggak jadi member, enggak bisa beli tiket," tegas Arya dalam podcast Bebas.

Dia menjelaskan bahwa pendaftaran untuk Garuda ID memerlukan identitas berupa KTP dan foto wajah, untuk memastikan bahwa setiap suporter yang membeli tiket terdaftar dengan baik.

Baca Juga: Daftar 16 Tim Negara yang Lolos ke Piala Asia U-20 2025, Indonesia Full Senyum!