Mal Citraland Jakarta Barat Tutup 3 Hari Usai Terjadi Kebakaran

Mal Citraland atau Mal Ciputra Jakarta akan ditutup dari 4 hingga 6 Oktober 2024 setelah terjadi kebakaran di lantai lima dan enam.

Mal Citraland Jakarta Barat Tutup 3 Hari Usai Terjadi Kebakaran
Mal Citraland Jakarta Barat Tutup 3 Hari Usai Terjadi Kebakaran. Gambar : Dok. Berita Satu

BaperaNews - Mal Citraland, atau Mal Ciputra Jakarta, akan ditutup selama tiga hari mulai Jumat, 4 Oktober hingga 6 Oktober 2024, setelah terjadi kebakaran di lantai lima dan enam. Kebakaran terjadi pada Jumat dini (4/10) hari sekitar pukul 00.50 WIB.

Humas Mal Ciputra Jakarta, Rida Kusrida, menjelaskan bahwa penutupan sementara ini diambil demi keamanan dan kenyamanan pengunjung serta karyawan.

"Mall Ciputra akan tutup operasional sementara selama tiga hari, terhitung dari hari ini 4 Oktober hingga 6 Oktober 2024," katanya saat ditemui di lokasi kebakaran.

Rida berharap mal dapat kembali beroperasi pada hari Senin, (7/10), setelah semua masalah terkait kebakaran teratasi.

Rida juga menegaskan bahwa pada hari Senin mendatang, sisa-sisa kebakaran sudah dapat ditangani sehingga mal bisa kembali dibuka untuk pengunjung.

"Pasti kami sudah punya strategi. Bagaimana caranya dampak dari kebakaran ini apakah ini layak atau tidak layak gitu. Pasti kami sudah punya strategi untuk menutupi (memperbaiki) itu," imbuhnya.

Baca Juga: Mal di Jakarta Barat Kebakaran, Diduga Karena Korsleting Listrik di Restoran

Penting untuk dicatat bahwa tidak ada karyawan, tenant, atau pengunjung yang terluka atau mengalami korban jiwa akibat kebakaran yang melanda Mal Citraland ini. 

"Dan yang pasti juga puji syukur bahwa pada kejadian kebakaran tadi malam itu tidak ada korban jiwa," ujar Rida.

Mengenai penyebab dan penanganan kebakaran, Rida memastikan bahwa seluruh sistem pemadam kebakaran di mal, seperti penyemprot air (fire sprinkler), hidran, dan detektor asap, berfungsi dengan baik saat kejadian.

"Yang pasti alat pemadam kebakaran internal kami berjalan dan berfungsi baik. Buktinya bisa terselesaikan dalam waktu singkat. Jadi baik dari sprinkle, hidran dan juga smoke detector berfungsi baik," ungkap Rida.

Keberhasilan dalam menangani kebakaran ini berkat sistem keamanan yang sudah dipasang di mal, yang membuat tim pemadam kebakaran dapat segera mengetahui adanya kebakaran dan merespons dengan cepat.

"Kalau tidak berfungsi kan pastinya akan sudah berlarut," tambahnya.

Rida mengapresiasi kinerja tim pemadam kebakaran yang sigap tiba di lokasi dan berhasil memadamkan api.

"Kami juga berterima kasih kepada tim pemadam kebakaran yang sudah sangat cekatan dan gesit mematikan api sehingga bisa dengan cepat terselamatkan," ungkapnya.

Kebakaran terjadi pada pukul 00.50 WIB tersebut berhasil dipadamkan pada pukul 02.30 WIB, dan proses pendinginan selesai sekitar pukul 03.30 WIB. 

Baca Juga: Gedung Bakamla Kebakaran, Saksi Dengar Ada Suara Minta Tolong