Satu Rumah di Bandung Kebakaran Akibat Charger HP Meledak

Kebakaran rumah terjadi di Bandung karena charger meledak. Simak selengkapnya!

Satu Rumah di Bandung Kebakaran Akibat Charger HP Meledak
Satu Rumah di Bandung Kebakaran Akibat Charger HP Meledak. Gambar : Ilustrasi/Kreator Baperanews Via Canva.com

BaperaNews - Kebakaran rumah terjadi di Bandung diduga karena charger meledak. Rumah terbakar di Bandung ini tepatnya di Sukelimus Barat, Kelurahan Batununggal, Bandung Kidul yang merupakan kawasan padat penduduk pada hari Selasa (25/7) sekitar pukul 09.00 WIB.

“Kami terima laporan kejadian kebakaran di Bandung pada pukul 09.03 WIB dari warga Sekelimus. Satu rumah, kita masih menginventaris rumah dimana saja yang terdampak” kata Kabid Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Bandung M. Yusuf di TKP.

5 mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk menangani kebakaran. Hanya 1 rumah terbakar, tidak merembet ke rumah lain dan tidak ada korban jiwa.

“Kita tidak mau menanggung resiko karena ini kawasan padat penduduk. Alhamdulillah sekarang sudah dilakukan pendinginan. Untuk sebabnya belum diketahui, kita fokus pada pemadamannya, tidak ada korban jiwa jiwa di rumah terbakar ini. Kami sudah lakukan pengecekan dan investigasi pemilik rumah” imbuhnya.

Pemilik rumah, Lina menyebut api berawal charger meledak di salah satu kamar rumah ketika sebuah ponsel sedang dicharge. 

Baca Juga : Seorang Lansia Tewas Terbakar Akibat Kebakaran Rumah di Semarang

“Apinya muncul dari charger meledak, dari kamar kakak di atas waktu kakak lagi ngecah ponsel” kata Lina.

Api kemudian membesar dengan cepat. Kebakaran di Bandung ini sempat berusaha dipadamkan Lina dan keluarga dibantu warga sekitar dengan alat seadanya. Namun karena api terus membesar, ia menelepon pemadam kebakaran dan menyelamatkan diri.

“Kebakaran karena charger meledak ini terjadi ketika saya keluar dari toilet. Disitu api sudah besar, sempat disemprot air seadanya tapi apinya makin membesar” pungkas Lina.

Beruntung kebakaran di Bandung ini tidak sampai memakan korban jiwa, namun tentunya Lina dan keluarga mengalami kerugian materil yang besar. Rumah dan barang-barang mereka di dalamnya telah musnah dilalap api.

Charger meledak memang bisa terjadi dalam kondisi overheat atau panas berlebih dimana terjadi reaksi yang disebut thermal runaway dengan baterai di ponsel. Baterai yang telah panas semakin panas lagi karena mendapat aliran listrik dari charger. Akhirnya charger meledak termasuk ponsel itu sendiri.

Cara mencharge baterai ponsel yang terbaik untuk menghindari overheat ialah dengan memakai charger asli, tidak membiarkan sampai baterai kosong baru dicharge, tidak mengisi terlalu lama, tidak menggunakan ponsel ketika mencharge, menghindari pemakaian power bank kecuali di saat darurat, dan hindari penggunaan casing.

Baca Juga : Korban Pengungsian Kebakaran Kapuk Muara Keluhkan Banyak Debu di Tenda dan Sulit Mandi