Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Resmi Menjadi WNI!

Dua pemain keturunan Belanda, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Resmi Menjadi WNI!
Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Resmi Menjadi WNI! Gambar : Kolase Tangkapan Layar Instagram/@erickthohir

BaperaNews - Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, dua pemain keturunan Belanda, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Senin (30/9/2024).

Keduanya menjalani pengambilan sumpah WNI di Brussel, Belgia, yang dilakukan sebagai bagian dari proses naturalisasi yang dipercepat. 

Pengambilan sumpah ini dilakukan di luar negeri untuk mendukung persiapan Timnas Indonesia dalam menghadapi laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Bahrain dan China.

Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah disahkan secara cepat melalui pengesahan DPR pada Kamis (26/9/2024) dan dilanjutkan dengan Keputusan Presiden yang mempercepat pengambilan sumpah.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan kegembiraannya atas percepatan ini, yang memungkinkan kedua pemain bisa segera membela Timnas Indonesia.

"Terima kasih Bapak Presiden, Ketua DPR, Pimpinan dan Anggota DPR, juga Bapak Menteri, atas dukungannya dan memungkinkan percepatan sumpah dua pemain naturalisasi kita, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders," kata Erick Thohir melalui akun media sosialnya.

Dalam prosesi pengambilan sumpah, Hilgers dan Reijnders terlihat mengenakan peci, kemeja putih, dan jas hitam.

Pengambilan sumpah tersebut dihadiri oleh wakil Kementerian Hukum dan HAM, Ditjen AHU Cahyo Rahadian Muzhar, serta disaksikan oleh Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, dan anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

Baca Juga : Sah! Calvin Verdonk Jadi WNI

Mees Hilgers, yang saat ini bermain untuk FC Twente di Eredivisie, memiliki darah Indonesia dari garis ibu, Linda Tombeng. Kakeknya, Hendrik Victor Tombeng, lahir di Ambon, sementara neneknya, Muhija Muchtar, berasal dari Jakarta.

Sedangkan Eliano Reijnders, yang membela PEC Zwolle, juga memiliki darah Indonesia dari ibunya, Angelina Lekatompessy, yang berasal dari Ambon.

Dengan resminya mereka menjadi WNI, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dipastikan akan memperkuat Timnas Indonesia dalam dua laga penting melawan Bahrain pada Kamis (10/10) dan China pada Selasa (15/10).

Timnas Indonesia yang berada di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong kini berada di peringkat keempat klasemen sementara Grup C dengan perolehan dua poin dari dua pertandingan.

Percepatan proses naturalisasi kedua pemain ini dilakukan sebagai langkah strategis dalam memperkuat Timnas Indonesia dalam ajang internasional.

Erick Thohir berharap, kehadiran Hilgers dan Reijnders dapat meningkatkan performa tim di laga-laga penting ke depan.

Dengan penambahan Hilgers dan Reijnders, diharapkan Timnas Indonesia mampu bersaing lebih kompetitif dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026, zona Asia.

Baca Juga : Maarten Paes Sah Jadi WNI, Siap Perkuat Kiper Timnas