Pemain Persija dan PSM Tidak Mau Kirim Pemain ke Timnas U-23, Begini kata Ketum BTN

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji emosi saat mengetahui bahwa pemain Persija dan PSM Makassar enggan melepas pemainnya ke skuad Timnas U-23.

Pemain Persija dan PSM Tidak Mau Kirim Pemain ke Timnas U-23, Begini kata Ketum BTN
Pemain Persija dan PSM Tidak Mau Kirim Pemain ke Timnas U-23, Begini kata Ketum BTN. Gambar : bola.tempo.co

BaperaNews - Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji, emosi saat mengetahui bahwa klub Persija Jakarta dan PSM Makassar tidak mau melepas pemainnya ke Timnas U-23 Indonesia.

Sumardji beranggapan bahwa, pelatih asing yang melatih klub tersebut tidak mendukung adanya program tim nasional.

“Saya sangat kecewa dengan tidak hadirnya dua pemain, pertama dari klub Persija Jakarta (Rizky Ridho) dan yang kedua dari klub PSM Makassar (Dzaky Asraf), yang perlu saya sampaikan untuk kepentingan Timnas Indonesia, hanya dipanggil untuk memperkuat Timnas itu aja malah ditahan sama pelatihnya,” ujar Sumardji.

Sumardji mengatakan bahwa, bangsa kita ini memerlukan tenaga dan pikiran para pemain, akan tetapi kalau para pelatih asingnya saja cari makan di negara kita ini sangat mempersulit.

“Bangsa ini sangat membutuhkan tenaga dan pikiran para pemain, akan tetapi kalau pelatih asingnya yang cari makan di negara kita ini sangat mempersulit, kalian bisa menilainya sendiri,” kata Sumardji.

Timnas Indonesia U-23 mulai pemusatan latihan (TC), untuk persiapan Piala AFF U-23 pada Kamis (10/8) 2023, pada sesi ini, hanya ada 17 pemain yang akan mengikuti pertandingan tersebut dan 6 pemain diantaranya absen.

Para pemain yang absen diantaranya Rizky Ridho dari klub Persija Jakarta, lalu ada Dzaky Asraf dari klub PSM Makassar, Alfeandra Dewangga dari klub PSIS Semarang, Kadek Arel dari klub Bali United, Adi Satryo dari klub PSIS Semarang, serta Beckham Putra dari klub Persib Bandung.

Sumardji menjelaskan bahwa Dewangga dan Adi Satryo segera bergabung dengan timnas pada 11 Agustus, sementara Kadek Arel 12 Agustus, Beckham pada 13 Agustus, untuk Rizky Ridho dan Dzaky Asraf sampai sekarang belum diketahui.

“Jadi, pada kesempatan ini saya sangat membutuhkan dukungan dari para masyarakat, karena jika tidak ada dukungan dari masyarakat, kami akan kesulitan karena para pelatih asing selalu berlindung pada kalender FIFA,” katanya.

Pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-23 akan berlangsung sampai 14 Agustus 2023, setelah itu Timnas Indonesia akan berangkat menuju ke Thailand dan bertanding di Piala AFF U-23 yang akan dilaksanakan pada 17-26 Agustus 2023.

Baca Juga : Daftar Susunan Pemain Timnas dan Jadwal Piala AFF 2023

Klub Persija Jakarta Melawan

Pada awalnya ada lima pemain dari klub Persija Jakarta yang akan bergabung masuk ke dalam skuad Timnas U-23, diketahui setelah adanya negosiasi, hanya ada dua pemain yang akan dipanggil diantaranya Muhammad Ferrari dan Rizky Ridho.

Muhammad Ferrari ikut dalam sesi latihan perdana, saat ini ia sedang absen panjang di klub Persija Jakarta, karena dirinya sedang menjalani pendidikan Polisi.

Sementara itu, Rizky Ridho belum hadir pada latihan perdana skuad Timnas Indonesia karena klub persija belum melepaskannya.

Ketua Badan Tim Nasional, Sumardji, merasa sangat kecewa kepada pelatih Persija, Thomas Doll, karena tidak memperbolehkan Rizky Ridho untuk bergabung dengan skuad Timnas Indonesia.

“Fealing saya berkata bahwa pelatih asing Thomas Doll memang tidak mengizinkan Rizky Ridho untuk bergabung dengan skuad Timnas, ia juga tidak mendukung program Timnas,” ujar Sumardji.

Baca Juga : Peringati 20 Tahun Debut Ronaldo, Sporting Lisbon Rilis Jersey CR7