Helmy Yahya Hidupkan Kembali Budaya 80-an di Lintas Melawai Vol. 2

Festival Lintas Melawai Vol. 2 akan kembali digelar pada 11-13 Oktober 2024 di Taman Kota Peruri Melawai, Jakarta Selatan.

Helmy Yahya Hidupkan Kembali Budaya 80-an di Lintas Melawai Vol. 2
Helmy Yahya Hidupkan Kembali Budaya 80-an di Lintas Melawai Vol. 2. Gambar : Dok. Istimewa

BaperaNews - Festival Lintas Melawai Vol. 2 akan kembali digelar pada 11-13 Oktober 2024 di Taman Kota Peruri Melawai, Jakarta Selatan. Acara yang diinisiasi oleh Helmy Yahya dan sejumlah tokoh lain ini bertujuan menghidupkan kembali budaya populer era 1980-an melalui musik, seni, dan gaya hidup. 

Helmy Yahya, salah satu inisiator, menjelaskan bahwa Lintas Melawai Vol. 2 2024 akan mengangkat budaya 80-an, memperkenalkan kembali musik dan gaya hidup yang pernah menjadi tren kepada generasi muda.

Acara ini akan menampilkan sederet artis legendaris seperti Fariz RM, Ikang Fawzi, Harvey Malaiholo, dan KLA Project. Selain itu, akan ada parade otomotif, bazar kuliner, serta berbagai kegiatan seperti Zumba, yoga, dan fashion show yang menambah daya tarik festival. 

Helmy Yahya menekankan pentingnya acara ini sebagai cara untuk melestarikan dan menghidupkan kembali elemen-elemen budaya yang membentuk era keemasan 80-an.

Lintas Melawai merujuk pada fenomena sosial di tahun 1980-an ketika anak muda sering berkumpul di kawasan Melawai, Jakarta Selatan. Mereka melintasi Melawai Plaza untuk nongkrong dan memamerkan kendaraan mereka. 

Baca Juga : Kembali ke Era 80-an, Lintas Melawai Festival Vol 2 2024 Angkat Tema "Golden Era"

"Budaya lintas Melawai adalah bagian penting dari sejarah pop culture Indonesia, yang mencakup musik, fashion, dan gaya hidup,” ujar Helmy Yahya

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa generasi muda saat ini mulai menggemari musik-musik retro yang dulunya populer.

Inisiator lainnya, Denny Malik, menyebut bahwa era 80-an adalah masa yang sangat berkesan dengan lagu-lagu masterpiece dan booming-nya film-film Indonesia. 

"Influence era 80-an sangat kuat, itulah yang menjadi dasar dalam karya-karya saya,” kata Denny Malik.

Selain penampilan musik, acara ini juga akan dimeriahkan oleh kegiatan menarik seperti kompetisi breakdance, pemutaran film-film tahun 80-an, dan spot fotografi dengan tema retro. Acara ini bukan hanya sekedar nostalgia, tetapi juga menawarkan pengalaman yang menggabungkan elemen lama dan baru.

Lintas Melawai Vol. 2 2024 dirancang sebagai perayaan yang membawa pengunjung menjelajahi kembali era 80-an dengan sentuhan modern. Festival ini akan menciptakan ruang bagi semua generasi untuk merasakan harmoni antara masa lalu dan inovasi masa kini.

Baca Juga : The Greatest Melly Goeslaw: Kembalinya Sang Queen of Soundtrack dalam Konser Spektakuler