Fenomena Mengerikan Langit Merah Darah Di China

Fenomena alam aneh nan mengerikan terjadi di Zhoushan, Provinsi Zhejiang, China. Langit tiba-tiba berubah warna jadi merah darah dan menciptakan pemandangan menakutkan!

Fenomena Mengerikan Langit Merah Darah Di China
Fenomena Mengerikan Langit Merah Darah Di China. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Fenomena alam aneh dan mengerikan terjadi di Zhoushan, Provinsi Zhejiang, China. Langit tiba-tiba berubah warna jadi merah darah dan menciptakan pemandangan menakutkan, sejumlah warganet di China menyebut seperti hari kiamat.

Pemandangan ini sudah terjadi secara seminggu dan menyebabkan kepanikan warga setempat karena terjadi secara misterius, meskipun banyak warga yang mengaku takut, tak sedikit dari mereka yang mengabadikan moment ini dalam bentuk foto dan video, mereka merekamnya di rumah, jalan raya, hingga di balkon yang lebih terlihat jelas.

Dari sejumlah gambar dan rekaman yang beredar, nampak bagaimana langit di dekat pelabuhan menjadi merah pekat dengan kabut yang tebal, video langit di China tersebut pun kemudian jadi viral di seluruh dunia dan ditonton lebih dari 150 juta kali.

Di Douyin, aplikasi yang mirip TikTok versi China, sejumlah pengguna menyebut langit di China berwarna merah darah sebagai pertanda buruk karena pemerintah China gagal menangani pandemi covid-19. “Aku belum pernah lihat ada sesuatu seperti ini, benar-benar aneh ketika langit berubah warnanya jadi merah” ujar seorang pengguna dilansir dari Global Times.

Baca Juga: Konten LGBT Deddy Corbuzier Yang Disorot Mahfud MD Dan Delik Di RKUHP

Namun dari segi keilmuan ada penjelasan logis di baliknya, menurut Badan Meteorologi setempat, langit merah di kota tersebut terjadi karena adanya pembiasan dan penyebaran cahaya dari lampu-lampu kapal di pelabuhan, sedangkan cuaca di Zhoushan pada Sabtu 7 Mei 2022 berkabut dan berawan tebal serta ada gerimis, membuat langit jadi merah karena awan memantulkan cahaya.

“Ketika cuaca bagus, ada banyak air di atmosfer yang membiaskan dan menyebar cahaya kapal penangkap ikan sehingga langit terlihat berwarna merah oleh masyarakat” ujar Biro Meteorologi setempat.

Fenomena sama pernah terjadi pada tahun 1770, langit berwarna merah terjadi selama Sembilan hari dan pada saat itu para ilmuwan menjelaskan hal itu terjadi karena aktivitas matahari yang massif, namun untuk fenomena kali ini, matahari Nampak tenang dan tidak ada aktivitas geomagnetic sehingga kemungkinan tidak berhubungan dengan matahari.

Namun sejumlah warganet China masih merasa takut meski sudah diberikan penjelasan ilmiah, mereka menganggap hal ini ialah sebuah pertanda buruk dimana saat ini masyarakat China sedang mengeluhkan ketatnya prokes di China akibat pandemi covid-19.

Baca Juga: Muncul Ancaman Wabah PMK, ID Food Lakukan Strategi Antisipasif