8 Tips Mengatur Keuangan di Akhir Tahun 2021

Berikut Tips mengatur keuangan di akhir tahun 2021, tetep bisa liburan meski pengeluaran dihemat. Begini Caranya!

8 Tips Mengatur Keuangan di Akhir Tahun 2021
Gambar : Josh Appel/Unsplash.com

BaperaNews - Menjelang akhir tahun, selalu menjadi momen berharga dimana banyak orang yang mulai berencana melakukan liburan. Namun jika keuangan tak diatur dengan baik, akan membuat kantong kalian menjadi boncos. Bagaimana tips mengatur keuangan di akhir tahun 2021?

1. Pilih Lokasi Liburan yang Dekat Saja

Lokasi liburan yang hendak kalian pilih, tentu saja harus mempertimbangkan kondisi keuangan. Jika kondisi keuangan pas – pasan, sebaiknya pilih lokasi liburan yang jaraknya dekat untuk membantu menghemat biaya yang dikeluarkan.

2. Manfaatkan Momen Promo

Momen promo menjadi hal menguntungkan buat kalian untuk melakukan aktivitas liburan namun tetap bisa hemat. Di waktu tertentu, banyak aplikasi yang menggelar promo tiket akomodasi hingga hotel.

3. Jangan Pesan Tiket atau Hotel Mendadak

Melakukan pemesanan tiket akomodasi atau hotel dalam waktu dekat, membuat harga yang ditawarkan lebih tinggi. Sebaiknya melakukan pemesanan jauh – jauh hari sebelum hari keberangkatan.

4. Cari Uang Tambahan

Banyak pekerjaan online yang bisa kalian lakukan mulai dari pengembang website, design grafis, hingga penulis artikel. Jika kalian tekun, uang yang kalian dapatkan sangat lumayan dan bahkan mungkin bisa melebihi gaji. Peluang ini bisa kalian manfaatkan untuk menopang biaya liburan selama akhir tahun.

5. Hindari Beli Barang yang Tidak Perlu

Selama liburan, biasanya banyak barang di beli yang sebenarnya tak terlalu penting. Misalnya saja seperti souvenir. Okelah jika kalian mau beli oleh – oleh buat keluarga atau pun teman, namun hindari pembelian – pembelian yang dirasa tak perlu.

6. Beli Makanan di Luar

Saat kalian sedang menginap di hotel, sebisa mungkin jangan makan di hotel tersebut. Karena pada umumnya makanan di hotel harganya cenderung lebih mahal. Kecuali jika makanannya memang sudah termasuk dalam paketan seperti halnya sarapan, bisa kalian manfaatkan untuk berhemat. 

7. Utamakan Bayar Cicilan

Jangan lupa nih, bayar cicilan itu penting jika kalian punya pinjaman. Jangan sampai setelah liburan justru kalian dipusingkan untuk membayar cicilan. Sedangkan uangnya sudah terpakai untuk mengcover liburan tersebut.

8. Upayakan untuk Menabung

Sebagai dana darurat, kalian juga wajib hukumnya menabung. Meskipun nominalnya tak banyak, usahakan 10 persen dari penghasilan disisihkan ya.

Itulah beberapa tips bagaimana mengatur keuangan selama akhir tahun 2021. Dengan perencanaan yang matang, keuangan kalian pun akan tetap aman.