380 Peserta Ikut Lomba MTQ Ke XIII Tingkat Kecamatan Halongonan

300 peserta ikut lomba Musbaqoh Tilawatil Qur'an Nasional (MTQ) Ke XIII Tingkat Kecamatan Halongonan. Simak Selengkapnya!

380 Peserta Ikut Lomba MTQ Ke XIII Tingkat Kecamatan Halongonan
380 Peserta Ikut Lomba MTQ Ke XIII Tingkat Kecamatan Halongonan. Gambar : Dok. Istimewa

BaperaNews - Musbaqoh Tilawatil Qur'an Nasional (MTQ)  Tingkat Kecamatan Halongonan yang diselenggarakan di Pentas Tribun  Halaman Kantor Camat Halongonan

MTQ ini mengusung Thema "Merawat Persaudaraan Di Tengah Masyarakat Multikultural", Hutaimbaru Sabtu 09 Maret 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, SSTP., MM., yang diwakili oleh Asisten I Sarifuddin Harahap, S.Sos membuka secara resmi MTQ Tingkat Kecamatan Halongonan sekaligus juga dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kekompakan dan kebersamaan yang ditunjukkan oleh masyarakat Kecamatan Halongonan dalam pelaksanaan MTQ ke XIII Tingkat Kecamatan Halongonan.

Pelaksanaan kegiatan MTQ tersebut merupakan upaya dalam membentuk karakter generasi muda Kabupaten Padang Lawas Utara yang unggul, berkarakter, religius, berbudaya, kreatif, dan inovatif.

Asisten I  Sarifuddin Harahap juga menyampaikan ucapan selamat berkompetisi dan pesan, untuk menunjukkan kemampuan dengan semaksimal mungkin, sehingga hasil yang diperoleh dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan. 

"Harapannya para peserta dapat mengikuti MTQ dengan sebaik-baiknya sebagai momentum untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an, sehingga nantinya para peserta bisa mewakili mendapat nilai terbaik di tingkat Kabupaten Padang Lawas Utara, kemudian mampu membawa nama Kabupaten Padang Lawas Utara diajang MTQ tingkat Provinsi sampai ke tingkat Nasional", ujarnya.

Camat Halongonan Amri Hamonangan Siregar dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan seleksi MTQ tingkat Kecamatan Halongonan Timur dalam rangka mencari peserta terbaik yang akan mengikuti lomba MTQ tingkat Kabupaten Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun 2024.

Camat Amri Hamonangan Siregar berharap kafilah dari Kecamatan Halongonan mampu memberikan hasil yang terbaik dan berprestasi di tingkat Kabupaten Padang Lawas Utara.

“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan seleksi MTQ ini, dapat melahirkan qari- qariah potensial untuk mengikuti MTQ Tingkat Kabupaten dan meraih prestasi,” harapnya.

Kepala KUA Kecamatan Halongonan Martua Raja Daulay menyampaikan bahwa jumkah Peserta MTQ Kecamatan Halongonan 380 orang dari 34 Desa se-Kecamatan Halongonan.

"Sedangkan kegiatan yang diperlombakan 8 cabang antara lain: Cabang Tilawah Anak-anak, Remaja, Dewasa, dan Mujadwad Qiroat, Sabeat/murattal, Cabang Tarril Anak-anak, Cabang Hifzil Qur'an, Cabang Tafsir Qur'an, Cabang Fahmil Qur'an, Cabang Hottil Qur'an, Cabang Syarhil Qur'an, dan Cabang  KTIQ", imbuhnya.

Selanjutnya dikatakan beliau, hadiah untuk perlombaan MTQ Tingkat Kecamatan Halongonan berupa, "Piala Tropy, uang pembinaan dan sertifikat", ungkap Martua.

Hadir dalam acara tersebut, Pj. Bupati Paluta Patuan Rahmad Syukur P Hasibuan, SSTP diwakili Asisten I Sarifuddin Harahap, S.Sos, Polsek Padang Bolak diwakili Wakapolsek IPTU Suhardi, Danramil 05/PB diwakili Babinsa Sertu A. Harahap, Camat Halongonan Amri Hamonangan Siregar, S. STP, MM, Kepala KUA Kecamatan Halongonan Martua Raja Daulay, Kepala Desa se Kecamatan Halongonan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Peserta MTQ putra/i dan undangan lainnya.

(Haryan Harahap).