Aksi Baku Tembak Polisi dengan Pelaku Curanmor dan Perampok Minimarket Banten

Penangkapan pelaku pencurian bermotor dan perampokan di Jakarta Barat berakhir dalam aksi baku tembak berdarah.

Aksi Baku Tembak Polisi dengan Pelaku Curanmor dan Perampok Minimarket Banten
Aksi Baku Tembak Polisi dengan Pelaku Curanmor dan Perampok Minimarket. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Polisi di Jakarta Barat terlibat dalam aksi baku tembak dengan pelaku utama yang diduga terlibat dalam serangkaian pencurian bermotor (curanmor) dan perampokan minimarket.

Kejadian ini terjadi saat upaya penangkapan pelaku bernama Toto di wilayah Lebak, Banten, pada Sabtu (13/10) lalu. 

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes M. Syahduddi, mengonfirmasi peristiwa ini kepada wartawan. Penyidik telah dua kali terlibik dengan pelaku di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Saat hendak ditangkap, Toto melakukan perlawanan sengit dengan menggunakan senjata api berupa pistol revolver rakitan berwarna silver.

Upaya penangkapan Toto dipersulit karena pelaku melakukan perlawanan dengan menembak petugas kepolisian. Terlepas dari tembakan peringatan yang diberikan oleh petugas, pelaku tersebut terus mengejar dan menembak ke arah petugas.

Akibatnya, polisi terpaksa merespons dengan tindakan tegas dan terukur, menembak pelaku ke arah kakinya untuk mengamankannya. Para pelaku ini dikenakan berbagai pasal dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Baca Juga : Residivis Pencurian Makassar Tewas Gegara Dianiaya 3 Polisi

Sebelumnya, polisi telah berhasil menangkap sejumlah anggota komplotan yang terlibar dalam serangkaian aksi pencurian motor dan perampokan minimarket di tiga wilayah di Jakarta Barat, termasuk Kalideres, Cengkareng, dan Kembangan. Aksi kriminal yang dilakukan para pelaku terjadi pada bulan September sebelum penangkapan dilakukan.

Kombes M. Syahduddi menjelaskan bahwa para pelaku pertama-tama melakukan curanmor dengan cara merusak kontak kunci motor menggunakan alat khusus. Setelah mencuri kendaraan bermotor, motor-motor tersebut digunakan untuk melakukan perampokan minimarket.

Namun, aksi komplotan ini tidak berhenti pada perampokan minimarket saja. Mereka juga menyasar kendaraan bermotor yang terparkir di minimarket sebagai sasaran pencurian.  Keempat pelaku yang telah diamankan merupakan bagian dari kelompok perampok spesialis minimarket. 

Baca Juga : Kakek Ditembak Airsoft Gun Saat Pergoki Aksi Curanmor