Lautan Pasir Gunung Bromo Banjir, Pemotor Pada Terjebak!

Viral video di media sosial memperlihatkan lautan pasir Bromo tiba-tiba menjadi banjir setelah diguyur hujan deras.

Lautan Pasir Gunung Bromo Banjir, Pemotor Pada Terjebak!
Lautan Pasir Gunung Bromo Banjir, Pemotor Pada Terjebak! Gambar : Kolase Tangkapan Layar/@setatus_gunungbromo

BaperaNews - Lautan pasir Bromo tiba-tiba menjadi banjir setelah diguyur hujan deras. Video peristiwa gunung Bromo banjir ini menjadi viral di media sosial, memperlihatkan sejumlah pemotor yang terjebak dalam banjir pasir tersebut.

Banjir pasir Bromo ini terjadi di kawasan Bukit Dingklik, Desa Wonokitri, Tosari, Pasuruan, yang merupakan bagian dari lautan pasir Bromo. Kejadian ini dipicu oleh hujan deras yang turun sejak pukul 11.00 WIB.

Dalam video berdurasi 30 detik yang viral, terlihat ketinggian banjir mencapai betis orang dewasa. Air hujan mengalir deras, bercampur dengan pasir, menyulitkan para pemotor yang tengah melintas di kawasan tersebut.

"Hujan deras, air dari Gunung Widodaren turun ke lautan pasir, lewat situ, tepat sebelum naik ke Penanjakan dari arah lautan pasir," ungkap tokoh masyarakat Tengger, Tosari, Widian Dharma Singgih, pada Selasa (9/1/2024).

Baca Juga : Savana Gunung Bromo Pulih Hijau Setelah Kebakaran, Sudah Bisa Dikunjungi!

Singgih menjelaskan bahwa lokasi banjir pasir ini merupakan jalur aliran air yang setiap kali hujan deras, air dari Gunung Widodaren akan mengalir melalui jalur tersebut. Meskipun banjir pasir Bromo ini terjadi, Singgih menegaskan bahwa kejadian ini bersifat sementara.

"Tapi tidak lama. Hujan berhenti, beberapa saat kemudian surut," tambahnya.

Sejumlah pemotor terlihat nekat menerobos banjir pasir Bromo, namun tak sedikit yang terjebak dalam situasi sulit ini. Mereka harus berjuang melewati air dan pasir yang cukup tinggi. Beberapa di antaranya terlihat kesulitan mengendalikan sepeda motor mereka.

Singgih juga memaparkan bahwa sebagian besar warga yang melintas di kawasan tersebut memilih untuk menunggu banjir surut. 

Hal ini terutama dilakukan oleh mereka yang pulang dari ladang, serta sebagian warga Brang Wetan dan Brang Kulon yang setiap hari melintasi jalur tersebut.

@baperanews.com Viral video di media sosial memperlihatkan lautan pasir Bromo tiba-tiba menjadi banjir setelah diguyur hujan deras #banjir#bromo#baperanews ♬ Backsound Musik Tegang - Faid rafanda

Baca Juga : Usai Kebakaran, Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka