Pemkab Paluta Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Ke-115

Pemkab Paluta melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115.

Pemkab Paluta Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Ke-115
Pemkab Paluta Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Ke-115. Gambar : Istimewa

Paluta, BaperaNews - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Pemkab Paluta) melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 di halaman Kantor Bupati Paluta, pada Senin (22/5/2023).  

Para tamu undangan yang turut hadir dalam upacara Harkitnas ke-115 tersebut diantaranya Wakil Bupati Paluta H. Hariro Harahap, SE., M.Si., Pabung Paluta Kodim 0212/TS Mayor Inf. Takdir Dahalu, Dankipan C 123/RW Dankipan Yonif C 123/RW Lettu Inf. Suindra Wardana, ST. Han.

Kemudian ada juga Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar, SH., MH., Para asisten dan staf ahli, Pimpinan OPD, Para Kabag dan Kabid, serta seluruh ASN di lingkungan pemerintah Pemkab Paluta. 

Wakil Bupati Paluta H. Hariro Harahap, SE., M.Si., bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam sambutannya, ia membacakan amanat pelaksana tugas (Plt.) Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) Moh. Mahfud MD.

Wakil Bupati Paluta menyampaikan bahwa perayaan Harkitnas ke-115 ini menjadi momen untuk membangun semangat kebangsaan dalam menghadapi tantangan pasca pandemi. 

“Meskipun selama tiga tahun terakhir dunia menghadapi krisis pandemi Covid-19, seluruhnya patut bersyukur karena status darurat kesehatan global telah dicabut oleh WHO pada tanggal 5 Mei 2023. Selama masa sulit ini, rakyat Indonesia telah menunjukkan kesatuan dan semangat dalam mengatasi pandemi serta memulihkan perekonomian bangsa,” ucap Wakil Bupati Paluta H. Hariro Harahap, SE., M.Si., pada Senin (22/5). 

Selain itu, Wakil Bupati Paluta juga menyampaikan bahwa perayaan Harkitnas ke-115 ini juga menjadi kesempatan untuk saling menghargai dalam kerja sama antara berbagai instansi pemerintah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan semua elemen bangsa dalam menghadapi krisis global seperti kesehatan, perekonomian, dan geopolitik. 

“Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 sebesar 5,31%, melebihi pertumbuhan sebelum pandemi. Triwulan pertama tahun 2023 juga mencatat pertumbuhan sebesar 5,03%, menunjukkan performa yang baik. Capaian ini baginya harus dipertahankan dan ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa,” pungkasnya.

Penulis : Haryan Harahap.