Siswa Semarang Positif Covid-19, Pembelajaran Online Mulai Diberlakukan

Sekretaris Dinas Kota Semarang sampaikan bahwa ada 4 siswa di salah satu sekolah positif Covid-19 dan membuat pihak sekolah untuk memberlakukan pembelajaran online.

Siswa Semarang Positif Covid-19, Pembelajaran Online Mulai Diberlakukan
Siswa Semarang positif Covid-19 pembelajaran mulai diberlakukan online. Doc : Pemerintah Kota Semarang

BaperaNews - Empat siswa SMP di wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah terkonfimasi positif Covid-19. Hal ini membuat pihak sekolah menutup satu kelas dan pembelajaran dilakukan dari rumah.

Sekretaris Dinas Kota Semarang, Muhammad Ahsan menyampaikan 4 siswa yang terpapar Covid-19 berada dalam satu lingkungan sekolahan. “Saat ini, satu kelas lakukan pembelajaran dari rumah,” ujar Ahasan (1/8).

Terkait kondisi siswa yang positif Covid-19, Ahsan memaparkan bahwa siswa yang positif Covid-19 terjadi tanpa gejala dan saat ini, keempat siswa tersebut sudah dilakukan karantina sesuai dengan arahan protokol kesehatan yang berlaku.

“Karena mempunyai daya tahan tubuh yang baik ya jadi tanpa gejala. Tapi, karena positif Covid-19 ya harus dikarantina,” imbuhnya.

Muhammad Ahsan mengatakan hal tersebut bisa mengacu pada regulasi dan aturan baru jika terdapat siswa yang terpapar atau terkonfirmasi positif Covid-19, maka yang ditutup dan melakukan pembelajaran online hanya satu kelas, kelas lainnya tetap belajar di sekolah seperti pada umumnya.

“Bukan satu sekolahan ya, tapi hanya satu kelas yang dilakukan pembelajaran online,” tuturnya.

Meskipun tak menyebutkan secara pasti lokasi sekolahan tersebut, Sekretaris Dinas Kota Semarang tetap menghimbau kepada guru dan siswa untuk tetap waspada terhadap penularan virus Covid-19.

Baca Juga : Kemendikbudristek Hentikan Sementara Belajar Tatap Muka Sekolah, Simak Aturannya!

“Harus tetap waspada. Karena Covid-19 bisa menyerang siapa saja,” ungkapnya.

Selain itu, Ahsan juga mengingatkan agar semua sekolah yang berada di Kota Semarang untuk tetap mendisiplinkan protokol kesehatan seperti pemakaian masker dan cuci tangan.

“Harus tetap disiplin dan taat protokol kesehatan. Karena itu penting untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” kata Ahsan.

Antisipasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat terhadap penularan Covid-19 yakni dengan cara terapkan :

  1. Etika batuk atau bersin.
  2. Jangan meludah sembarangan.
  3. Bersihkan benda yang sering disentuh oleh tubuh (tangan).
  4. Gunakan masker, jika terjadi gejala segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.
  5. Cuci tangan dengan sabun.
  6. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
  7. Mengkonsumsi makanan bergizi.
  8. Olahraga yang teratur.

Jika kamu atau diantara lingkungan terdapat orang yang terpapar atau positif Covid-19 dapat menghubungi nomor layanan Covid-19 wilayah Jawa Tengah dengan nomor (024) 3580713 atau 082313600560.