Kemenhan Korsel Sebut BTS Tetap Bisa Konser Meski Sedang Wajib Militer

Menteri Pertahanan Korea Selatan sebut BTS masih bisa untuk mempersiapkan konser internasional ketika BTS sedang menjalani wajib militer.

Kemenhan Korsel Sebut BTS Tetap Bisa Konser Meski Sedang Wajib Militer
Kemenhan Korea Selatan sebut BTS masih tetap bisa konser internasional. Gambar : Twitter.com/@BTS_official

BaperaNews - Kabar gembira bagi Army (sebutan bagi penggemar BTS), Boy band asal Korea Selatan itu disebut masih mungkin untuk mempersiapkan konser internasional ataupun tampil konser bahkan ketika membernya sedang menjalani wajib militer (wamil) di Korea Selatan.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup menyampaikan kepada parlemen tanpa kehadiran personel BTS, militer masih bisa melayani kepentingan sosial.

Lee Jong-sup mengatakan hal ini mungkin dapat menjadi kepentingan sosial untuk mencari cara menjaga bintang-bintang global bisa tampil di atas panggung bahkan ketika sedang wajib militer (wamil) sekali pun.

“Bahkan jika mereka gabung dengan militer, saya pikir akan ada cara untuk memberi mereka kesempatan berlatih saat wamil dan mengizinkan mereka tampil bersama jika ada jadwal konser BTS di luar negeri,” ujar Lee Jong-sup.

“Karena banyak orang menghargai fakta mengabdi di wajib militer itu sendiri. Itu juga bisa lebih membantu popularitas BTS,” imbuhnya.

Pernyataan ini disampaikan oleh Lee Jong-sup saat Korea Selatan memperdebatkan pemangkasan masa wajib militer bagi bintang K-Pop, yakni dari sekitar 2 tahun menjadi hanya 3 pekan saja.

Kendati demikian, hingga kini BTS belum menunjukkan tanda-tanda untuk mencoba menghindari kewajiban sebagai pemuda Korea Selatan, wajib militer (wamil).

Baca Juga : Fakta - Fakta Insiden Mengerikan Layar LED Gantung Raksasa Jatuh Di Konser Mirror

“Sebagai pemuda Korea Selatan, saya percaya dinas militer adalah hal wajar. Seperti yang selalu saya katakan, saya akan menjawab panggilan negara kapan pun itu datang,” imbuh salah satu anggota BTS bernama Jin pada 2020 lalu.

Diketahui, dalam sepanjang sejarah hingga kini semua pemuda berbadan sehat Korea Selatan yang berusia di bawah 30 tahun diwajibkan untuk melakukan wajib militer (wamil) selama kurang lebih dua tahun. Hal itu disebakan oleh fakta Korea Selatan yang secara teknis masih berperang dengan Korea Utara yang bersenjata nuklir.

Isu terkait wajib militer BTS ini memang sudah ramai dibicarakan sejak beberapa tahun terakhir, mengingat Jin sebagai member tertua dalam grup tersebut yang usianya sudah menginjak 29 tahun (berdasarkan perhitungan internasional).

Meski wajib, Korea Selatan memberikan pengecualian terhadap beberapa pihak, seperti atlet berprestasi peraih medali Olimpiade hingga musisi klasik. Meski bisa dikatakan musisi, namun bintang pop tidak termasuk dalam pengecualian dari wajib militer Korea Selatan.

Sehingga, idol hingga aktor berprestasi pun tetap mengikuti wajib militer, kecuali mendapat pengecualian akibat kondisi kesehatan atau lainnya. Menolak wajib militer selama ini dianggap sebagai kejahatan di Korea Selatan dan dapat menyebabkan hukuman penjara dan stigma sosial.

Kendati demikian beberapa pihak masih berharap BTS bisa mendapatkan pengecualian karena prestasi yang telah diraihnya dalam kancah internasional.

Baca Juga : Alasan Kenapa Warga Korea Selatan Enggan Punya Anak