Kapal Tabrakan di Perairan Buton, 1 Nahkoda Meninggal Dunia

Tabrakan laut di Tanjung Pemali, Sultra, melibatkan Kapal MV Sami dan KM Sumber Rejeki 03. Akibatnya, satu nakhoda meninggal dunia dan seorang ABK hilang.

Kapal Tabrakan di Perairan Buton, 1 Nahkoda Meninggal Dunia
Kapal Tabrakan di Perairan Buton, 1 Nahkoda Meninggal Dunia. Gambar : iNews/Andhy Eba

BaperaNews - Kecelakaan laut yang melibatkan dua kapal, yaitu Kapal MV Sami dan KM Sumber Rejeki 03, terjadi di perairan Tanjung Pemali, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), sekitar pukul 03.00 WITA pada hari Sabtu, (21/10). 

Menurut keterangan resmi dari Humas Basarnas Kendari, kecelakaan tersebut mengakibatkan kerusakan parah pada KM Sumber Rejeki 03. Nahkoda kapal tersebut, yang saat itu sedang membawa 6 ABK, dinyatakan meninggal dunia setelah mendapat perawatan medis.

Sementara seorang ABK bernama Doni (35) dinyatakan hilang setelah diduga terjatuh ke laut. Pencarian terhadap ABK yang hilang, Doni, telah dilakukan, namun hingga saat ini belum membuahkan hasil.

Pencarian sempat dihentikan pada Sabtu malam dan baru dimulai lagi pada Minggu pagi. Upaya pencarian terhadap Doni terus berlanjut dengan harapan Doni bisa ditemukan dengan selamat.

Kapal KM Sumber Rejeki 03 berlayar dari Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi, dengan tujuan Kota Baubau, ketika terlibat dalam tabrakan dengan Kapal MV Sami. MV Sami awalnya berlayar dari Banjarmasin menuju Maluku Utara.

Kondisi KM Sumber Rejeki 03 nampak hancur. Beberapa dinding dan pagar pembatas kapal tersebut rusak parah. Selain itu, kapal ini mengalami "blackout," yang berarti kapal kehilangan daya listrik karena tidak ada pasokan listrik yang berfungsi.

Baca Juga : Kapal Ferry Tenggelam di Buton Tengah, 15 Orang Dinyatakan Tewas

Pihak Kepolisian perlu menjalankan investigasi menyeluruh untuk mengidentifikasi penyebab tabrakan antara KM Sumber Rejeki 03 dan MV Sami. Selain itu, perlu dilakukan evaluasi keselamatan kapal dan prosedur pencegahan kecelakaan laut lebih lanjut, demi menjaga keselamatan semua yang berlayar di perairan Indonesia. 

Dengan demikian, pencarian ABK terus berlanjut. Kecelakaan ini melibatkan satu nahkoda yang dinyatakan meninggal dunia, dan kapal ini total membawa 6 ABK. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan atau KPP Kendari, Muhammad Arafah, telah mengonfirmasi bahwa pencarian Doni belum membuahkan hasil hingga saat ini.

@baperanews.com Kecelakaan laut yang melibatkan dua kapal, yaitu Kapal MV Sami dan KM Sumber Rejeki 03, terjadi di perairan Tanjung Pemali, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), sekitar pukul 03.00 WITA pada hari Sabtu, (21/10). #kecelakaan#kapal#sulawesitenggara#baperanews ♬ Epic News - DM Production

Baca Juga : Kelelahan Saat Renang, Remaja Tenggelam di Danau Galian Kobak Akong