Dahnil Anzar: Prabowo Bakal Daftar ke KPU 24 Oktober

Prabowo Subianto bersama calon wakil presidennya akan mendaftar ke KPU pada 24 Oktober 2023.

Dahnil Anzar: Prabowo Bakal Daftar ke KPU 24 Oktober
Dahnil Anzar: Prabowo Bakal Daftar ke KPU 24 Oktober. Gambar : Republika/Nawir Arsyad Akbar

BaperaNews - Prabowo Subianto, bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), bersama dengan calon wakil presidennya, akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari Selasa, (24/10).

Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam sebuah acara deklarasi nasional posko Prabowo, yang berlangsung di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, pada hari Minggu, (22/10).

Pada kesempatan tersebut, Dahnil mengatakan bahwa setelah rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Gerindra yang dijadwalkan berlangsung pada hari Senin (23/10), sosok calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto akan diumumkan secara resmi.

"Insyaallah hari ini ada rapat, besok ada Rapimnas di Gerindra. Kemudian setelah Rapimnas akan diumumkan langsung siapa calon Wakil Presiden," ungkap Dahnil.

Lebih lanjut, Dahnil mengungkapkan bahwa pasangan Prabowo Subianto akan melakukan pendaftaran ke KPU pada Selasa, (24/10). Dia juga menyebut bahwa internal Partai Gerindra akan menggelar rapat pada hari yang sama untuk persiapan pendaftaran ke KPU.

Terkait spekulasi calon wakil presiden Prabowo, Dahnil menolak untuk memberikan informasi lebih lanjut.

"Kita lihat nanti pengumumannya, nanti kalau saya bocorkan nanti nggak seru, sudah banyak clue-nya ya kan, cawapres," paparnya.

Baca Juga : Resmi! Prabowo Subianto Umumkan Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024

Dahnil Simanjuntak menjelaskan bahwa pembahasan mengenai nama calon wakil presiden akan terjadi pada hari ini. Partai Politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan melakukan rapat yang kemungkinan melibatkan silang pendapat untuk memutuskan siapa nama yang akan mendampingi Prabowo Subianto.

Selanjutnya, Partai Gerindra akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di mana secara resmi akan diumumkan siapa pendamping Prabowo. Namun, lokasi Rapimnas akan diumumkan oleh Partai Gerindra.

"Iya hari ini rapat internal Gerindra untuk persiapan Rapimnas besok. Nanti diumumkan (lokasinya) karena baru rapat." Ungkapnya

Sementara itu, nama Gibran Rakabuming Raka semakin kuat sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto. Partai Golkar mengusulkan Gibran sebagai bacawapres Prabowo.

Usulan tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dalam pertemuan dengan para Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar.

"Berdasarkan hasil pertemuan dengan para Ketua DPD tadi malam Pak, kami rapat cukup lama, cukup hangat tapi semuanya konsensus mengusulkan, saya tanya dulu mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bacawpares Republik Indonesia." Ungkap Airlangga 

Dahnil Simanjuntak menekankan bahwa Prabowo Subianto sendiri yang akan mengumumkan secara resmi siapa yang akan mendampinginya di Pemilu Presiden 2024. Ia juga menyoroti bahwa ada beberapa nama yang muncul sebagai calon wakil presiden, termasuk Gibran Rakabuming yang diusulkan oleh Partai Golkar, serta calon lainnya.

Baca Juga : Sah! Jokowi Restui Gibran Jadi Cawapres Prabowo