Puteri Indonesia Harashta Haifa Zahra Dapat Gelar Miss Supranational 2024

Harashta Haifa Zahra dari Bandung, Jawa Barat, membuat sejarah sebagai Miss Supranational 2024 pertama dari Indonesia. Simak selengkapnya di sini!

Puteri Indonesia Harashta Haifa Zahra Dapat Gelar Miss Supranational 2024
Puteri Indonesia Harashta Haifa Zahra Dapat Gelar Miss Supranational 2024. Gambar: Instagram/@misssupranational

BaperaNews - Harashta Haifa Zahra berhasil mencetak sejarah dengan meraih gelar Miss Supranational 2024. Ajang ini berlangsung di Strzelecki Park Amphitheater, Nowy Sącz, Małopolska, Polandia, pada Sabtu, (6/7). Ia menjadi Puteri Indonesia pertama yang memenangkan gelar tersebut, menorehkan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia.

Dalam babak dua besar, Harashta yang berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat, berhadapan dengan Miss Amerika Serikat, Jenna Dykstra. Momen menegangkan pun terjadi saat keduanya menunggu pengumuman pemenang.

Tangis bahagia Harashta pecah ketika namanya disebut sebagai pemenang, menggantikan Andrea Victoria Aguilera Paredes, pemenang tahun 2023.

"Ini tetap terasa tidak nyata dan aku tak sabar memenuhi tugasku sebagai Miss Supranational 2024 yang baru. Tahun ini akan menjadi sangat spesial dan hatiku dipenuhi oleh kebanggaan. Terima kasih untuk negaraku untuk dukungan kalian. Indonesia kita berhasil! Aku cinta kalian!" ucapnya setelah mendapat mahkota, dikutip dari akun Instagram resmi Miss Supranational, Minggu (7/7).

Kemenangan Tata, panggilan akrab Harashta Haifa Zahra, sudah diprediksi banyak orang. Selama ajang berlangsung, mahasiswi jurusan Teknik Lingkungan ini menonjol melalui berbagai kemenangan di beberapa kategori yang dilombakan.

Ia dinobatkan sebagai finalis paling berbakat dan mendapat gelar "Supratalent 2024" setelah memukau juri dengan permainan alat musik tradisional kecapi.

Selain itu, wanita kelahiran 5 September 2003 ini juga membawakan lagu "Bubuy Bulan" serta tarian khas Indonesia yang mendapat pujian.

Di malam final, Harashta tampil memukau dengan gaun malam rancangan desainer Jessie Gunawan yang dinamai Lintang Segara, terbuat dari ribuan kristal perak dengan warna gradasi kebiruan.

Baca Juga: Viral Video Pemilik Miss Universe Sebut Transgender Tak Akan Menang

Gaun tersebut mencerminkan bintang-bintang yang menyinarinya sepanjang perjalanan. 

"Puteri Indonesia 2024 kita adalah bintang bangsa kita yang benar-benar bersinar di kancah internasional. Keberanian, kegigihan, dan dedikasinya telah banyak menyumbang prestasi baik bagi Indonesia," tulis akun Instagram @officialputeriindonesia.

Selain gaun malam, Harashta juga tampil dengan cocktail dress berpotongan rok super pendek berwarna hitam dengan outer berbahan songket Palembang dari benang perak di babak 24 besar.

Desainer Jessie Gunawan berhasil menyalakan aura Tata di kontes kecantikan tersebut, sekaligus memamerkan keanggunan dan kekayaan budaya Indonesia.

Tak hanya gaun malam dan cocktail dress, Tata juga memukau dengan kostum nasional yang terinspirasi dari Srikandi, tokoh pewayangan populer dari Indonesia. Kostum yang dirancang desainer Intan Avantie ini berupa satu set kebaya dengan kain tradisional yang menggambarkan keindahan seni dan budaya Nusantara.

"Terbuat dari kain tradisional yang menggambarkan keindahan seni dan budaya Nusantara, setiap helainya memancarkan pesona sejarah yang sarat akan budaya," keterangan di unggahan pada Kamis, (5/7).

Kostum tersebut memiliki detail embos emas yang melambangkan kemegahan serta sabuk pending yang membalut pinggang, menambah kesan kokoh namun lentur.

Atas kemenangan Tata, Yayasan Puteri Indonesia mengucapkan selamat. 

"Kami merayakan pencapaian luar biasamu dan berharap dapat melihat semua hal menakjubkan yang akan kamu capai, @harashtata," tulis akun tersebut.

Dengan kemenangan Tata, wakil Jawa Barat memenangkan gelar Puteri Indonesia dua tahun berturut-turut, setelah Farhana Nariswari terpilih sebagai Puteri Indonesia 2023.

Ajang Miss Supranational 2024 diikuti oleh 68 finalis dari berbagai negara. Para finalis menjalani masa karantina sejak Senin, (17/6), di Nowy Sącz, Małopolska, Polandia. Setelah melalui berbagai tahap penilaian, acara grand final berlangsung pada Sabtu, (6/7).

Setelah seluruh finalis tampil di sesi opening number, opening dance, dan fashion show, dewan juri mengumumkan 25 finalis terbaik. Penentuan 24 besar didasarkan atas akumulasi penilaian sejak masa karantina.

Ada empat finalis yang mendapatkan tiket otomatis ke jajaran 25 besar melalui kategori face track, yakni Supra Chat, Supra Model of The Year, Supra Influencer, dan Contestant’s Choice.

Finalis yang Berhasil Melaju

Berikut ini adalah daftar 12 finalis yang berhasil melaju ke babak berikutnya:

  • Isadora Murta - Brasil
  • Chanelle de Lau - Curaçao
  • Justýna Zedníková - Republik Ceko
  • Victoria Larsen - Denmark (Supra Fan Vote)
  • Aleksandra Hannusaari - Finlandia
  • Sonal Kukreja - India
  • Harashta Haifa Zahra - Indonesia
  • Alethea Ambrosio - Filipina
  • Fiorella Medina - Puerto Riko
  • Bryoni Govender - Afrika Selatan
  • Kasama Suetrong - Thailand
  • Jenna Dykstra - Amerika Serikat

Memasuki babak akhir, lima finalis teratas berhadapan dengan sesi tanya jawab. Dalam waktu 40 detik, mereka memberikan nasihat kepada diri mereka saat masih kecil. Hasil akhir ditentukan melalui akumulasi penilaian sejak masa karantina.

Harashta Haifa Zahra dinobatkan sebagai Miss Supranational 2024, Jenna Dykstra sebagai 1st Runner-up, Justýna Zedníková sebagai 2nd Runner-up, Isadora Murta sebagai 3rd Runner-up, dan Chanelle de Lau sebagai 4th Runner-up.

Dengan kemenangan ini, Harashta Haifa Zahra berhasil mencatatkan sejarah sebagai pemenang Miss Supranational pertama dari Indonesia.

Baca Juga: Kontes Kecantikan Miss AI Digelar, Total Hadiah Capai Ratusan Juta!