Presiden Iran Ebrahim Raisi ditemukan Tewas Bersama Helikopternya Yang Hangus Terbakar

Presiden Iran Ebrahim Raisi ditemukan tewas bersama Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, dan Mohammad Ali Ale-Hashem, perwakilan Pemimpin Tertinggi di Azerbaijan Timur.

Presiden Iran Ebrahim Raisi ditemukan Tewas Bersama Helikopternya Yang Hangus Terbakar
Presiden Iran Ebrahim Raisi ditemukan Tewas Bersama Helikopternya Yang Hangus Terbakar. gambar : Reuters

Baperanews - Senin (20/5/2024) Presiden Iran Ebrahim Raisi ditemukan tewas dalam kecelakaan helikopter yang tragis. Helikopter Bell 212 yang ditumpanginya terbakar habis dan ditemukan dalam kondisi yang sangat mengenaskan.

Pejabat Iran mengonfirmasi kecelakaan tersebut, "Helikopter Presiden Raisi terbakar habis dalam kecelakaan itu, sayangnya, semua penumpang dikhawatirkan tewas," ujar pejabat Iran kepada Reuters.

Kecelakaan tersebut juga merenggut nyawa Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, dan Mohammad Ali Ale-Hashem, perwakilan Pemimpin Tertinggi di Azerbaijan Timur.

Baca juga: Israel Serang Balik Iran di Kota Ghahjaworstan

Kronologi kecelakaan dimulai pada Minggu (19/5/2024) ketika helikopter Presiden Iran jatuh saat melintasi daerah pegun.ngan dengan kabut tebal, dalam perjalanan pulang dari kunjungan ke perbatasan dengan Azerbaijan di barat laut Iran.

Kepala Bulan Sabit Merah Iran, Pirhossein Kolivand, menjelaskan, "Tim penyelamat berupaya keras untuk menjangkau lokasi kecelakaan sejak Minggu malam meski di tengah cuaca buruk dan medan yang sulit."

Puing-puing helikopter pertama kali terdeteksi oleh drone Turki Akinci pada Senin dini hari, berdasarkan pelacak panas. Otoritas Turki segera melaporkannya kepada pihak berwenang Iran.

Kecelakaan ini merupakan pukulan besar bagi Iran, terutama dengan kehilangan seorang pemimpin negara. Saat ini, otoritas terus melakukan investigasi mendalam untuk mengungkap penyebab pasti kecelakaan tersebut.

Seorang pejabat Iran menegaskan, "Kami masih dalam proses investigasi untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Namun, kami berduka cita atas kehilangan Presiden Raisi dan rekan-rekannya dalam kecelakaan ini."

Baca juga: PM Slovakia, Robert Fico Ditembak Kakek Berusia 71 Tahun