Pendaftaran Capres 2024 Hari Ini: Pengalihan Lalu Lintas di Kawasan KPU RI

Pengalihan arus lalu lintas dilakukan di sekitar KPU RI pada 19 Oktober 2023 untuk mengantisipasi kepadatan saat pendaftaran Capres dan Cawapres 2024.

Pendaftaran Capres 2024 Hari Ini: Pengalihan Lalu Lintas di Kawasan KPU RI
Pendaftaran Capres 2024 Hari Ini: Pengalihan Lalu Lintas di Kawasan KPU RI. Gambar : Dok. BBC

BaperaNews - Terkait pendaftaran capres dan cawapres 2024 yang digelar di KPU RI, Polda Metro Jakarta telah mengalihkan arus lalu lintas di sekitar kawasan KPU pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Pengalihan ini dilakukan sebagai antisipasi kepadatan lalu lintas di kawasan Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

"Kepada pengguna jalan atas pengalihan arus lalu lintas yang dilakukan dalam rangka pendaftaran Capres dan Cawapres di kantor KPU Jakarta Pusat. Alih arus dilaksanakan hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023 pukul 06.00 s/d selesai," ujar TMC Polda Metro Jaya, Kamis (19/10).

Berikut Daftar Rute Pengalihan Lalu Lintas di Kawasan KPU RI:

  1. Kendaraan dari Bundaran HI menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan melalui Jalan H Agus Salim atau Jalan Pamekasan.
  2. Kendaraan dari Jalan H Agus Salim menuju Jalan Imam Bonjol diarahkan melalui Jalan Pamekasan atau belok ke kanan menuju Bundaran HI.
  3. Kendaraan dari Jalan Rasuna Said menuju Jalan Imam Bonjol disarankan melewati Jalan Hos Cokroaminoto atau belok ke kanan menuju Jalan Diponegoro.
  4. Kendaraan dari Jalan Diponegoro menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said atau ke kanan menuju Jalan Hos Cokroaminoto.

Baca Juga: Sah! Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024

"Untuk menghindari kepadatan lalu lintas, diimbau agar masyarakat mencari rute alternatif," tambah TMC Polda Metro Jaya.

Kepadatan lalu lintas telah terpantau di Jl. Cokroaminoto, Menteng, khususnya dari arah Jl. Rasuna Said, Kuningan menuju Menteng.

"Terjadi kepadatan arus lalu lintas di sekitar KPU Jl. Cokroaminoto Jakpus. Lalu lintas dari Rasuna Said Kuningan arah Cokroaminoto terpantau padat," konfirmasi TMC Polda Metro Jaya, Kamis (19/10).

Dalam konteks pendaftaran capres 2024, pasangan Anies-Cak Imin yang didukung oleh NasDem, PKB, dan PKS tercatat mendaftar pukul 08.00 WIB. Sedangkan, pasangan Ganjar dan Mahfud MD dari PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo akan mendaftar pada pukul 11.00 WIB.

Pendaftaran capres 2024 di KPU RI tidak hanya menjadi pusat perhatian arena politik tetapi juga berdampak pada kondisi lalu lintas Jakarta. Publik diharapkan mematuhi informasi terkini mengenai arus lalu lintas dan memilih rute alternatif untuk meminimalisir kemacetan.

Baca Juga: Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Soal Batas Usia Capres dan Cawapres 2024