PPKM Jawa Bali Diperpanjang Hingga 3 Januari 2022

Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa pemerintah kembali memperpanjang PPKM untuk wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali sampai tanggal 3 Januari 2022. Berikut Informasi Lengkapnya !

PPKM Jawa Bali Diperpanjang Hingga 3 Januari 2022
PPKM Jawa Bali diperpanjang hingga 3 Januari 2022. Gambar : ANTARA FOTO/ Dok. Rivan Awal Lingga

BaperaNews - Luhut Binsar Pandjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi) menjelaskan bahwa pemerintah kini memperpanjang kembali PPKM untuk wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali hingga 3 pekan kedepan tanggal 3 Januari 2022.

Berdasarkan asesmen per tanggal 11 Desember 2021, menurut Luhut Binsar Pandjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi), setidaknya aka nada 10 Kabupaten/Kota yang akan menerapkan PPKM level 3. Total tersebut berjumlah 7,8 persen dari jumlah kabupaten/kota sebanyak 128 di Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Kemudian untuk Kabupaten/Kota yang akan menerapkan status PPKM level 1 ada 13 dan Kabupaten/Kota yang akan menerapkan status PPKM level 2 ada 4.

Terkait perbedaan pemberlakuan level PPKM di sejumlah Kabupaten/Kota berdasarkan dari situasi dan kondisi yang ada. Karena pada masing – masing daerah pastinya berbeda – beda tingkat keefektifannya. Kabupaten/Kota yang dianggap memiliki potensi tinggi, disesuaikan dengan memberlakukan PPKM level 3. Kemudian untuk Kabupaten/Kota yang resikonya berpotensi menengah, akan diberlakukan PPKM level 2 dan Kabupaten/Kota yang memiliki potensi resiko rendah, akan diberlakukan PPKM level 1. Dengan demikian, pemerintah bisa mengendalikan resiko penyebaran covid 19 selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Informasi detailnya nanti akan disampaikan langsung melalui inmendagri yang mana akan diberlakukan setidaknya selama 3 pekan ke depan,” kata Luhut Binsar Pandjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi) melalui konferensi pers, dilansir dari Instagram Live Sekretariat Presiden pada hari Senin, 13 Desember 2021.

Luhut Binsar Pandjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi) mengatakan bahwa pencapaian yang sudah ada bisa dijadikan sebagai gambaran sehingga tren PPKM akan diberlakukan sampai keadaan benar – benar stabil, khususnya untuk Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Pemerintah tidak mau terlena dengan pencapaian yang ada sehingga kondisi Indonesia bisa terus membaik. Semakin bisa terkendali penyebaran covid 19, maka perekonomian Indonesia akan terus pulih dan berdampak baik bagi masyarakat khususnya. Jadi, buat masyarakat, jangan bosan – bosan dengan kebijakan yang dibuat pemerintah dengan terus memperpanjang masa PPKM sesuai dengan kebutuhan setiap daerah. Tugas masyarakat adalah membantu mendukung kebijakan pemerintah agar berjalan lancar dan sukses demi kebaikan bersama.