Prabowo Bertemu Zelensky, Bahas Bantuan Kemanusiaan di Gaza hingga Pertahanan Ukraina

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, membahas isu-isu strategis seperti kerja sama pertahanan dan bantuan kemanusiaan Gaza. Baca selengkapnya di sini!

Prabowo Bertemu Zelensky, Bahas Bantuan Kemanusiaan di Gaza hingga Pertahanan Ukraina
Prabowo Bertemu Zelensky, Bahas Bantuan Kemanusiaan di Gaza hingga Pertahanan Ukraina. Gambar: Dok.totalpolitik

BaperaNews - Dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di sela-sela forum IISS Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura pada Sabtu, (1/6), Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih RI, Prabowo Subianto, bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Pertemuan ini menjadi momen penting di mana kedua pemimpin membahas sejumlah isu strategis, termasuk kerja sama pertahanan, bantuan kemanusiaan untuk Gaza Palestina, dan kedaulatan Ukraina.

Prabowo, seperti yang dikutip dalam keterangan resmi Kementerian Pertahanan RI, menyampaikan apresiasi kepada Presiden Ukraina atas inisiatif pertemuan tersebut, terutama dalam membahas persoalan pertahanan.

“Salam hangat dan apresiasi kepada Presiden Ukraina atas inisiatif pertemuan hari ini, khususnya untuk membahas persoalan pertahanan,” ujar Prabowo dalam keterangannya, Minggu (2/6).

Kedua pemimpin menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional di tengah tantangan keamanan global dan regional yang belakangan ini semakin kompleks. Mereka sepakat bahwa dialog damai dan solusi diplomatik adalah kunci untuk menyelesaikan konflik.

Selain membahas kerja sama pertahanan, Prabowo dan Zelensky juga menyoroti isu kemanusiaan, terutama situasi di Gaza.

Baca Juga: Tolak Tawaran Menteri, Luhut Lebih Pilih Jadi Penasihat Prabowo

Keduanya menekankan urgensi untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan memastikan akses ke masyarakat yang terdampak di zona konflik. Hal ini mencerminkan komitmen Indonesia dan Ukraina dalam mendukung upaya kemanusiaan di seluruh dunia.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, pembahasan mengenai sektor industri pertahanan juga menjadi fokus. Kedua belah pihak membuka peluang untuk berkolaborasi melalui transfer teknologi, menunjukkan keterbukaan dan komitmen dalam memperluas kerja sama di bidang ini.

Tak hanya itu, Prabowo juga menyatakan komitmen Indonesia untuk membangun hubungan pertahanan yang kuat dan saling menguntungkan dengan Ukraina. Sementara Zelensky, dalam keterangan resmi pemerintah Ukraina, meminta dukungan Indonesia untuk mendukung kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina.

Zelensky juga membagikan progres implementasi Formula Perdamaian Ukraina, sebuah inisiatif yang digagasnya untuk membantu menyelesaikan situasi perang dan konflik di seluruh dunia. Melalui formula ini, Zelensky mengajak Indonesia untuk berpartisipasi dalam KTT Perdamaian Global yang akan diselenggarakan pada 15-16 Juni di Swiss.

Baca Juga: Prabowo dan Gibran Hadiri Forum Ekonomi Qatar