Jika Cak Imin Menang Pilpres 2024, PKB Janjikan BBM Gratis bagi Pemilik Sepeda Motor

PKB mengajukan janji politik menarik, yaitu memberikan subsidi BBM gratis kepada pemilik sepeda motor jika Muhaimin Iskandar (Cak Imin) terpilih sebagai Wakil Presiden di Pemilu 2024.

Jika Cak Imin Menang Pilpres 2024, PKB Janjikan BBM Gratis bagi Pemilik Sepeda Motor
Jika Cak Imin Menang Pilpres 2024, PKB Janjikan BBM Gratis bagi Pemilik Sepeda Motor . Gambar : Dok. DPR RI

BaperaNews - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang mengundang beragam janji politik dari para kontestan. PKB janjikan BBM gratis bagi pemilik sepeda motor jika Muhaimin Iskandar, yang akrab disapa Cak Imin, terpilih sebagai Wakil Presiden Indonesia.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Syaiful Huda, dalam sebuah video yang beredar menyebut, "Kalau Gus Muhaimin dan PKB menang, semua yang punya sepeda motor, BBM yang kita subsidi, gratis, tanpa biaya." Kutipan ini menandai janji PKB bagi rakyat jika partai besutan Cak Imin ini meraih kemenangan pada Pemilu 2024.

Namun, rencana ini menuai tanya besar dari Partai Amanat Nasional (PAN). Viva Yoga, Wakil Ketua Umum PAN, menegaskan Janji politik harus menjadi pertanggungjawaban politik yang harus direalisasikan jika paslon kita menang di pilpres 2024.

PKB memang harus mempertimbangkan secara matang janji politik ini, apalagi belum ada penjelasan yang mendalam mengenai implementasinya.

PKB berargumen bahwa subsidi BBM saat ini sering kali disalahgunakan oleh korporasi, dan dengan menargetkan pemilik sepeda motor sebagai penerima manfaat, diharapkan akan lebih tepat sasaran.

Baca Juga : Maruli Siahaan Perkuat Strategi Pemenangan Jelang Pemilu 2024

"Kita sudah melakukan kajian kalau semua di-segmented-kan misal semua pemilik motor akan mendapat subsidi lebih besar dan akhirnya harganya lebih murah." Tambah Syaiful Huda.

Menanggapi hal ini, Viva Yoga menyatakan dukungannya terhadap peningkatan subsidi BBM dan sektor lainnya seperti kesehatan dan pendidikan. Namun, dia menekankan perlunya pengelolaan subsidi yang tepat guna dan tepat sasaran agar tidak menyimpang.

"Makanya penerimaan negara harus lebih besar lagi, baik dari sumber pajak, non pajak, PNBP, dan sebagainya. Tidak dengan membiayai subsidi dari utang luar negeri. Karena akan membebani negara," tutur Viva Yoga.

Selain janji BBM gratis, Syaiful Huda juga menyebut program lain dari PKB, yaitu tunjangan bagi ibu hamil. Program ini bertujuan menekan angka stunting anak yang saat ini masih cukup tinggi di Indonesia.

"Kami sudah mensimulasikan dengan potensi per tahun ibu hamil rata-rata di Indonesia itu berapa, kita memprogramkan tunjangan selama kehamilan," jelas Huda.

Momentum Pemilu 2024 menjadi ajang pertarungan ide dan konsep. Setiap janji politik yang dilontarkan tentunya harus disertai dengan kajian matang dan pertimbangan rinci. Rakyat Indonesia tentunya menantikan bagaimana setiap janji tersebut akan diwujudkan.

Sebagai penutup, Syaiful Huda optimis, "Insyaallah, insyaallah (dapat direalisasikan). Tinggal nanti kita perjuangkan dengan teman-teman di DPR. Tapi ini adalah agenda perjuangan kami. PKB menang dan Cak Imin terpilih sebagai Cawapres untuk tuntaskan ini."

Pemilu 2024 memang masih cukup lama, tetapi dinamika politik telah mulai memanas. Semua mata tertuju pada janji-janji ini dan bagaimana nantinya dapat diwujudkan bagi kesejahteraan rakyat Indonesia.

Baca Juga : Polri Buat Satgas Anti Money Politics untuk Amankan Pemilu 2024