Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Pastikan Pemilihan Maruli Jadi Pangkostrad Profesional

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pastikan proses pemilihan Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad dilakukan secara adil dan profesional.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Pastikan Pemilihan Maruli Jadi Pangkostrad Profesional
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa. Gambar : Dok. Dery Ridwansah/ JawaPos.com

BaperaNews - Jenderal Andika Perkasa, Panglima TNI memastikan proses pemilihan Mayor Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat atau yang dikenal Pangkostrad dilakukan secara adil dan profesional.

Menurut Jenderal Andika Perkasa, Maruli Simanjuntak memang sosok yang kompeten dan sangat pantas untuk menjabat Pangkostrad, diketahui Maruli Simanjuntak sebelumnya menjadi kontroversi karena berhasil menjadi Pangkostrad yang mana beliau adalah menantu dari Luhut Binsar, Menteri Investasi dan Kemaritiman sehingga banyak yang menduga ia bisa menjabat karena ada unsur dari dalam.

“Jadi Maruli Simanjuntak itu, dia memang punya kemampuan yang bagus, yang sesuai dengan syarat menjadi seorang Pangkostrad, penilaian dilakukan secara profesional, memang dia yang sangat pantas memiliki jabatan tersebut, tidak ada alasan lain” ujar Jenderal Andika Perkasa di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta Senin 24 Januari 2022.

Jenderal Andika Perkasa juga menjelaskan, banyak jenderal bintang 3 yang bisa menjadi Pangkostrad, penunjukan itu sendiri ada beberapa kriteria dan nilai khusus, yang membuat Maruli Simanjuntak pantas untuk menerimanya salah satunya ialah ia pernah menjabat sebagai Pangdam Udayana IX.

Baca Juga : Pemerintah Setuju Pemungutan Suara Pemilu Dilaksanakan Pada 14 Februari 2024

“Jadi mereka yang bintang 3 itu, yang eligible, itu banyak dan banyak juga mereka berhasil melalui beberapa jabatan, jabatan itu sendiri adalah salah satu penilaian juga, bagaimana ketika ia menjabat, prestasi apa yang diraih, itu kemudian yang  membuat jadi nilai sendiri, membuat jadi layak dapat jabatan lebih baik” lanjut Jenderal Andika Perkasa.

Sebelumnya Jenderal Andika Perkasa resmi menunjuk Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad setelah Jenderal Dudung naik jabatan menjadi Kepala Staf Angkatan Darat beberapa waktu lalu, keputusan tersebut sudah tertuang dalam Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI No. 66 th 2022.

Maruli Simanjuntak memang dikenal memiliki hubungan yang dekat dengan Luhut selaku mertuanya dan Presiden Jokowi akan tetapi Maruli Simanjuntak menegaskan ia tidak pernah meminta jabatan. “Iya, memangnya salah jika saya dekat dengan beliau, terus terang saya memang dekat dengan Pak Luhut karena memang mertua saya, sama Pak Jokowi juga karena saya kan memang sudah sejak lama bertahun-tahun kerja bersama beliau” ujarnya.

Maruli Simanjuntak menyatakan akan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan profesional serta membuat pasukan Kostrad lebih baik lagi, dengan kenaikan jabatannya ini maka Maruli Simanjuntak akan naik satu bintang yakni menjadi Letnan Jenderal / Letjen.