Mau Beli TV Transparan? Simak Penjelasannya Terlebih Dahulu!

TV dengan teknologi baru yaitu TV Transparan sudah banyak diperkenalkan oleh brand ternama. Sebelum membelinya, simak dulu informasi dibawah!

Mau Beli TV Transparan? Simak Penjelasannya Terlebih Dahulu!
Ilustrasi TV Transparan. Gambar: Youtube.com/ Panasonic

BaperaNews - Hampir mencapai 10 dekade TV di dunia ini terus berkembang, semakin baik dalam segi bentuk, teknologi, juga fitur di dalamnya. Sebagian besar masyarakat Indonesia belum sempat menikmati Smart TV, sekarang sudah ada TV teknologi baru yaitu TV Transparan, diantaranya diperkenalkan oleh Xiaomi, Panasonic, dan LG.

TV pada umumnya perlu backlight untuk menjadi sumber cahaya putih yang menampilkan warna di gambar, cahaya putih itu berasal dari ratusan cahaya yang berbeda warnanya yang diteruskan di Kristal cair hingga mengeluarkan warna tertentu. Lalu bagaimana dengan TV transparan? kenapa ia tidak memerlukan backlight?

Ide pertama TV transparan atau dikenal dengan OLED ini dibuat oleh Ron Martens yang bisa membuat layar tembus pandang dari bahan transparan untuk meneruskan cahaya dari dua sisi, sehingga semua materialnya menjadi transparan, dan kaca dipilih sebagai penyusun terluarnya.

Baca Juga: Chipset Yang Sudah Bagus Menjadi Alasan Utama Untuk Beli Ponsel 5G Sekarang

Apakah worth it membeli OLED dimana harganya yang fantastis mencapai Rp 101 juta. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari TV terbaru ini ialah :

-          Tingkat kecerahan lebih bagus daripada TV jenis lain.

-          Kualitas gambar lebih lembut dan transparan.

-          Resolusi gambar jauh lebih besar berukuran jutaan piksel.

-          Tata letak TV menjadi lebih unik, tidak hanya bisa dipajang di dinding namun juga bisa sebagai pemisah ruangan karena sifatnya yang tembus pandang.

Sedangkan sisi kekurangannya ialah :

-          Beberapa warna akan silau jika dipandang karena layarnya yang tembus pandang.

-          Perlu ditambahkan kain hitam atau warna gelap lainnya di belakang layar saat TV dihidupkan agar mata tidak cepat lelah.

-          Pemakaian harus super hati-hati karena layarnya tipis dan rentan air, sekalinya jatuh atau tergores, maka uang ratusan juta rupiah yang keluar pun melayang dalam sekejap.

“Ada uang ada barang”, itulah istilah yang tepat untuk TV berteknologi canggih ini, biaya perbaikan yang mahal mungkin harus ditanggung oleh pemilik TV Transparan ini, namun tingkat kepuasan yang lebih juga akan didapatkan dimana TV transparan ini memang terlihat jauh lebih elegan dibanding jenis TV lainnya.

Worth it atau tidak tentu sesuai kebutuhan Anda, jika Anda punya budget lebih dan suka dengan keindahan di dalamnya, Anda bisa membuat ruangan lebih hidup dengan TV ini, selain itu fiturnya yang lebih canggih dari Smart TV juga bisa Anda nikmati.

Namun jika Anda belum memiliki ruang yang baik untuk menempatkannya, lebih baik ditunda dulu karena TV OLED ini harus diletakkan di ruang yang baik, tidak mudah tergores oleh orang-orang rumah yang lewat di sekitarnya dan tentunya butuh biaya lebih dalam perawatannya.

Baca Juga : 85 Juta Pekerjaan Akan Hilang Lima Tahun Ke Depan, Adopsi Dari Teknologi